Daerah Rawan Guguran Lava Gunung Karangetang Meluas hingga di Laut

Daerah rawan bahaya guguran lava Gunung Karangetang, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Biaro) terus meluas.

Daerah Rawan Guguran Lava Gunung Karangetang Meluas hingga di Laut
Istimewa
Gunung Karangetang Tertutup Kabut Tebal 

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID - Daerah rawan bahaya guguran lava Gunung Karangetang, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Biaro) terus meluas.

"Ada hal baru, ternyata kondisi yang sedang terjadi saat ini, aliran lava Gunung Karangetang sampai ke laut, sehingga potensi ancaman juga dilarang di sekitar itu," jelas Bob Wauten, Kepala BPBD Sitaro, pada Jumat (9/2/2019)

Ia mengatakan, ada tambahan daerah potensi bahaya 500 meter dari bibir pantai, yaitu daerah sekitar leleran lava di laut.

Devy Kamil, Kasubid Mitigasi Gunung Api Indonesia yang menjelaskan soal Gunung Karangetang.
Devy Kamil, Kasubid Mitigasi Gunung Api Indonesia yang menjelaskan soal Gunung Karangetang. (TRIBUNMANADO/ALPEN MARTINUS)

"Antisipasinya, kita minta semua bidang di tanggap darurat untuk merencanakan operasi sesuai kondisi aktual termasuk kondisi terkini sesuai penjelasan dari PVMBG, kita harus observasi lapangan apakah area yang kita kosongkan sudah sesuai area yang dimaksud oleh PVMBG kalau bisa sampai titik koordinatnya dan perlu kita update lagi info di lapangan," jelasnya.

Ia mengatakan, untuk di laut akan diberi tanda, karena area yang berpotensi dilarang dan disterilkan adalah wilayah yang sering dilewati warga.

"Harus diberikan tanda, karena bisa berbahaya jika melewati itu. Nanti kita kerjasama dengan pihak terkait untuk memasang tanda isyarat," kata dia.

TONTON JUGA:

Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved