Tujuh ASN Pemkot Kotamobagu Diperiksa Bawaslu

Bawaslu menemukan adanya dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh ASN pemerintah Kotamobagu dan Bolmong

Tujuh ASN Pemkot Kotamobagu Diperiksa Bawaslu
TRIBUNMANADO/HANDIKA DAWANGI
Kantor Bawaslu Kotamobagu 

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU- Menjelang Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden, Wakil Presiden, DPRD, DPR RI, dan DPD, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Kotamobagu terus melaksanakan tugasnya memantau adanya pelanggaran pemilu. 

Di akhir Desember hingga akhir Januari, Bawaslu menemukan ada sembilan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diduga terlibat dalam kampanye peserta pemilu.

"Bawaslu menemukan adanya dugaan pelanggaran pemilu yang dilakukan oleh ASN pemerintah Kotamobagu dan Bolmong," Komisioner Bawaslu Divisi Hukum Penindakan Penanganan Pelanggaran, dan Penyelesaian Sengketa Mishart A Manoppo, Minggu (03/02/2019).

Baca: Bawaslu Minsel Tertibkan 83 APK Pemilu Langgar Aturan

Dari sembilan temuan tersebut tujuh di antaranya adalah ASN Pemerintah Kota Kotamobagu. Sisanya dua ASN dari Pemkab Bolmong. "Kejadiannya kita temukan di lima lokasi di Kota Kotamobagu," ujar Mishart.

Temuan pertama yakni pada Desember 2018. Bawaslu menemukan bukti dari rekaman video pembentukan tim 
pemenangan calon anggota DPRD Kotamobagu.

Saat itu terekam dalam video, dua ASN tampak duduk di depan meja pada bagian depan m pertemuan acara pembentukan tim salah satu caleg.

Baca: Bawaslu, Jaksa, dan Polisi Keroyokan Tangani Kasus Bahan Kampanye Oknum Caleg Nasdem di Kampus

Dua ASN tersebut berinisial HM diduga dari Badan Kesbangpol Kotamobagu dan ASN berinisial PP dididuga ASN Sat Pol PP Kotamobagu.

Temuan kedua pada Januari 2019 di Kelurahan Gogagoman. Satu ASN berinisial SD diduga ASN di Puskesmas Gogagoman tampak berfoto nersama calon DPR RI Dapil Sulut.

Temuan ketiga pada Januari 2019, tiga ASN memposting dalam FB foto mereka bersama peserta pemilu perorangan DPD dalam kegiatan zumba dengan menunjukkan simbol.

Baca: Bawaslu, Jaksa, dan Polisi Keroyokan Tangani Kasus Bahan Kampanye Oknum Caleg Nasdem di Kampus

"Tiga ASN tersebut yakni berinisial FS dari Pemkab Bolmong, IA dari Diskominfo Kotamobagu, dan ASN berinisial LT ASN pemkab Bolmong.

Halaman
12
Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Herviansyah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved