Wali Kota Bitung Tanda Tangani MoU Kurangi Sampah Plastik

Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) Pemerintah Kota Bitung bersama para pengusaha perikanan dan pengusaha toko modern

Wali Kota Bitung Tanda Tangani MoU Kurangi Sampah Plastik
Istimewa
MoU Pengurangan Sampah Plastik 

Wali Kota Bitung Tanda Tangani MOU Kurangi Sampah Plastik

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG - Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) Pemerintah Kota Bitung bersama para pengusaha perikanan dan pengusaha toko modern di BPU kantor Wali Kota, Kamis (3/1/2019).

Ini adalah merupakan bentuk komitmen pemerintah dalam memerangi sampah plastik yang tidak ramah lingkungan , sehingga berdampak kepada kelangsungan hidup baik manusia dan lingkungan terlebih khusus pencemaran terhadap laut.

"Perjanjian bersama ini dilakukan agar kita memiliki semangat yang sama antara pemerintah dan para pengusaha dalam rangka memerangi sampah plastik untuk menjaga kelestarian alam, berdasarkan peraturan Wali Kota Bitung No 7 Tahun 2018," kata Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban.

Baca: Colorful Bitung 2019, Warnai Malam Pisah Tahun Pemkot Bitung

Baca: Pimpin Apel Perdana 2019, Ini Penyampaian Wali Kota Bitung Maximiliaan Lomban

Dikatakannya, khusus untuk menjaga kebersihan di laut nantinya pemerintah melalui Dinas Perikanan dan Pelabuhan Perikanan Samudera akan memberlakukan manisfestasi atas barang logistik yang dibawa para nelayan dan akan diperiksa kembali saat kapal atau perahu mereka kembali ke darat.

"Jumlah sampah dari logistik tersebut harus sesuai dengan jumlah manifestasi awal, sehingga tidak ada lagi kapal-kapal yang membuang sampah di laut, dan akan ada sangsi bagi mereka yang melanggar ketentuan yang sudah disepakati bersama,” ujarnya

“Hal yang sama juga dilakukan bagi toko-toko modern, supermaket, toko dan pasar tradisional di mana tidak diperkenankan lagi menggunakan kantung plastik dan mengimbau para pelanggan untuk menggunakan kotak dari kadus yang sudah disiapkan atau membawa tas belanja sendiri," sebutnya.

Pemerintah Kota Bitung sendiri semenjak tahun 2016 sudah melakukan kampanye Go Green dan Less Plastik, dimana mulai saat itu seluruh ASN diwajibkan membawa tumbler dan tidak lagi menyediakan minuman dan makanan dalam kemasan plastik sekali pakai pada setiap acara.

Penulis: Chintya Rantung
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved