Assagaf: Bela Negara Bukan Berperang, Tapi Berantas Kemiskinan

Sekretaris Daerah Kabupaten Boltim, Muhammad Assagaf mengatakan tiga cara membela negara yakni berantas kemiskinan, kebodohan dan terbelakangan.

Assagaf: Bela Negara Bukan Berperang, Tapi Berantas Kemiskinan
Tribunmanado
Upacara peringatan Hari Bela Negara ke-70 tahun. Serta dirangkaiakan dengan peringatan Hari Ibu ke-90 tahun dan HUT ke-19 Dharma Wanita di Kantor Bupati Boltim, Rabu (19/12/2018). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN - Sekretaris Daerah Kabupaten Boltim, Muhammad Assagaf mengatakan tiga cara membela negara yakni berantas kemiskinan, kebodohan dan terbelakangan.

Hal ini disampaikan sekretaris daerah di upacara peringatan Hari Bela Negara ke-70 tahun. Serta dirangkaiakan dengan peringatan Hari Ibu ke-90 tahun dan HUT ke-19 Dharma Wanita di Kantor Bupati Boltim, Rabu (19/12/2018).

"Ini cara yang terbaik untuk membela negara untuk zaman ini. Sebab bela negara bukan berperang lagi," ujar Muhammad Assagaf.

Baca: Tahun ini, 9 ASN Pemkab Boltim Diberhentikan dengan Tidak Hormat

Kata dia, sejarah mencatat bahwa Republik Indonesia, bisa berdiri tegak sebagai bangsa berdaulat dan tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat.

Kesadaran bela negara, harus ditanakan sebagai landasan mental dan perilaku, karena merupakan bentuk revolusi mental dalam membangun daya tangkal bangsa menghadapi kompleksitas dinamika ancaman sekaligus untuk mewujudkan ketahanan nasional.

Assisten I Bidang Pemerintahan, Hariono Sugeha mengatakan, momentum peringatan bela negara, bukan lagi kekuatan senjata, namun peran dan profesi membangun bangsa.

Baca: 3.146 KTP-el Warga Boltim Dimusnakan Dikcapil

"Contoh peran guru, bidang, dokter setiap pelosok desa menjadi bagian dasar dalam membangun manusia dan bangsa," ujar Hariono Sugeha.

Turut hadir dalam acara tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Boltim Ny Nursiwin Yunus Dunggio, Ketua Dharma Wanita Persatuan Ny Mahani Assagaf Alhabsyi, unsur Forkopimda serta aparat desa dan ASN dilingkungan Pemkab Boltim. (Ven).

Penulis: Vendi Lera
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved