Pesona Indonesia - Tas Noken, Maha Karya Mama Papua yang Mendunia

tas Noken sudah menjadi trend selalu dipakai anak-anak muda Indonesia sebagai salah satu cara mencintai produk budaya bangsa.

Pesona Indonesia - Tas Noken, Maha Karya Mama Papua yang Mendunia
Tabloid Nova - Grid.ID
Pesona Indonesia - Tas Noken, Maha Karya Mama Papua yang Mendunia 

Tajuk Tamu oleh: Moliu Mom

Mahasiswa Program Studi Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Katolik De La Salle Manado

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Diantara kita mungkin masih banyak yang belum tahu apa itu tas noken, tetapi jika melihat dari bentuk dan karya seninya, maka sebagian besar orang Indonesia menyebutnya sebagai "Tas Papua" karena asalnya dari Papua.

Sebenarnya sah-sah saja, namun harus kita ketahui bahwa tas Noken ternyata telah ditetapkan sebagai warisan budaya dunia Tak Benda oleh UNESCO.

Tepatnya tanggal 04 Desember 2012 di Prancis yang disahkan oleh ArleyGill sebagai Ketua Komite.

UNESCO menetapkan tas Noken sebagai warisan budaya dunia tak benda karena keunikan dan ciri khasnya yang dipakai di kepala, selain juga bertujuan untuk melindungi dan menggali kebudayaan tersebut.

Baca: Manado Masih Kota Paling Toleran

Maka dari itu, kita patut bangga dengan salah satu produk lokal asal Papua tersebut. Tas yang terbuat dari serat kulit kayu ini biasa digunakan untuk membawa barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Masyarakat Papua biasanya menggunakannya untuk membawa hasil-hasil pertanian seperti sayuran, umbi-umbian dan juga untuk membawa barang-barang dagangan ke pasar.

Namun sekarang ini, tas Noken sudah menjadi trend selalu dipakai anak-anak muda Indonesia sebagai salah satu cara mencintai produk budaya bangsa.

Asal Pembuatan Tas Noken 

Halaman
1234
Editor: Indry Panigoro
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved