Trump Tak akan Ekstradisi Fethullah Gullen yang Dituduh Dalang Kudeta Turki

Presiden Trump mengatakan kepada wartawan saat ditanya mengenai kemungkinan ekstradisi Gulen pada hari Sabtu bahwa hal itu tidak dibahas.

Trump Tak akan Ekstradisi Fethullah Gullen yang Dituduh Dalang Kudeta Turki
Timesofisrael.com
Presiden AS Donald Trump berbicara di konvens di Indianapolis, Sabtu. 

Trump Tak akan Ekstradisi Fethullah Gullen yang Dituduh Dalang Kudeta Turki

TRIBUNMANADO.CO.ID - Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump menegaskan tidak akan mengekstradisi seorang ulama yang tinggal di AS yang dituduh bersalah dalam percobaan kudeta tahun 2016 ke Turki.

Ulama berasal dari Turki itu bernama Fethullah Gullen.

Presiden Trump mengatakan kepada wartawan saat ditanya mengenai kemungkinan ekstradisi Gulen pada hari Sabtu bahwa hal itu tidak dibahas.

Gullen adalah ulama Muslim yang tinggal di Pennsylvania, dan dituduh sebagai dalang dari upaya kudeta terhadap Erdogan. 

Baca: Kesan Mahfud MD Bertemua dengan Bupati yang Mempelopori Perda Syariah

Baca: Polisi Ini Habisi Nyawa 56 dan Melukai 35 Orang Hanya Dalam Waktu 8 Jam

Sebelumnya NBC News memberitakan pada Kamis (15/11/2018) bahwa pemerintahan Trump mempertimbangkan apakah dapat mengekstradisi Fethullah Gulen. Ulama kelahiran Turki itu tinggal di negara bagian Pennsylvania.

Fethullah Gulen, ulama moderat Turki
Fethullah Gulen, ulama moderat Turki (Associated Press)

Pemerintah Turki menyerukan ekstradisi Gulen terkait tuduhan bahwa ia terlibat dalam kudeta yang gagal tahun 2016. Gulen adalah lawan politik Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Sebelumnya diberitakan, setelah gagal mengajukan permintaan ekstradisi Fethullah Gulen, kini Erdogan mengajukan tawaran "barter" kepada Amerika Serikat. 

Baca: 80 Tahun Menunggu, Nenek Ini Akhirnya Menjadi Sarjana Setelah Melewati Usia 1 Abad

Baca: Pria Ini Nyaris Dipenjara 99 Tahun, Beruntung Diselamatkan oleh Foto Selfie-nya

Erdogan, Kamis (28/9/2017), di Ankara, mengaku akan membebaskan seorang pendeta berkebangsaan AS yang mendekam di penjara di Turki. 

Pembebasan itu akan terjadi jika AS bersedia menyerahkan Fethullah Gulen. 

Ankara telah berulang kali meminta AS untuk mengekstradisi Gulen ke Turki. Gulen, yang telah tinggal di pengasingannya sejak tahun 1999, sangat membantah tuduhan itu.  

"Anda memiliki seorang ulama (Gulen) di sana, berikan dia kepada kami, dan kami akan memberikan kembali pendeta (Brunson)," kata Erdogan dalam pidato di televisi, seperti dikutip AFP Pendeta evangelis itu awalnya ditahan bersama istrinya yang dicurigai melakukan kegiatan melawan keamanan nasional Turki. (NHK/AFP)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Trump Tak akan Ekstradisi Fethullah Gullen yang Dituduh Dalang Kudeta Turki, http://www.tribunnews.com/internasional/2018/11/20/trump-tak-akan-ekstradisi-fethullah-gullen-yang-dituduh-dalang-kudeta-turki.

Editor: Fernando_Lumowa
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved