Manado dan Taiwan Demo Pembangkit Listrik Tenaga Biogas

emerintah Kota Manado bersama Feng Chia University dan Apec Acabt Taiwan menggelar serah terima demo pembangkit listrik tenaga biogas

Manado dan Taiwan Demo Pembangkit Listrik Tenaga Biogas
Tribun manado / Finneke Wolajan
Pemerintah Kota Manado bersama Feng Chia University dan Apec Acabt Taiwan menggelar serah terima demo pembangkit listrik tenaga biogas, Jumat (9/11). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pemerintah Kota Manado bersama Feng Chia University dan Apec Acabt Taiwan menggelar serah terima demo pembangkit listrik tenaga biogas, Jumat (9/11). Kegiatan ini berlangsung di rumah potong hewan Bailang, Kota Manado.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Sulut Novly Wowiling dalam sambutannya mengatakan, Pemprov Sulut memberikan apresiasi yang tinggi kepada Feng Chia University dan Apec Acabt Taiwan yang sudah bersinergi dengan pemerintah.

Indonesia memiliki potensi energi baru dan terbarukan yang melimpah. Pembangkit listrik dari biogas ini bersifat ramah lingkungan. Pemprov berharap implementasi program ini berjalan dengan baik.

Sekretaris Kota Manado Micler Lakat dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan pembangkit listrik tenaga biogas ini tergantung pada program yang berkelanjutan. Tak hanya berhenti di sini saja.

Baca: Klinik di Manado Ini Layani Tanam Benang di Wajah, Belum Melayani Operasi Plastik

Baca: Seperti Inilah Pemanfaatan Tinja Menjadi Biogas di Bolsel

Guna menunjang pembangkit tenaga listrik tersebut, harus segera menyusun SOP dan kalkulasi. Termasuk biaya operasional yang didukung anggaran APBD Manado. Operasinya terus evaluasi untuk pemanfaatan yang lebih besar.

Profesor Chi Yue Lin mengatakan, Taiwan dan Pemkot Manado harus membuat kerja sama yang kuat agar program ini makin berkembang. Listrik dari biogas ini bisa menyala 1x24 jam. Tak hanya untuk lingkungan, ini juga berkaitan dengan sosial dan ekonomi masyarakat.

Kepala Bapelitbangda Manado, Liny Tambayong mengawali kegiatan ini dengan laporan mengatakan. Ini hasil kerja sama pertukaran peneliti Manado dan Taiwan. Program ini juga kerja sama dengan Unsrat.

Prof Chiu Yue Lin, Prof Chen Yeon Chu dan Prof Shang Yuan Chen hadir dalam kegiatan ini. (fin)

Editor: David_Kusuma
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved