Seperti Inilah Pemanfaatan Tinja Menjadi Biogas di Bolsel

Di Desa Torosik, Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terdapat enam jamban yang mampu menghasilkan biogas.

Seperti Inilah Pemanfaatan Tinja Menjadi Biogas di Bolsel
TRIBUNMANADO/FELIX TENDEKEN
Pemerintah Desa Torosik menyerahkan dokumen dan petunjuk penggunaan jamban biogas belum lama ini.

TRIBUNMANADO.CO.ID, MOLIBAGU - Pernah mendengar jamban yang mampu memproduksi tinja manusia menjadi bahan bermanfaat seperti biogas, dan dapat digunakan untuk mengisi tabung LPG yang kosong.

Di Desa Torosik, Kecamatan Pinolosian, Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel) terdapat enam jamban yang mampu menghasilkan biogas.

"Torosik adalah desa yang pertama di Bolsel yang memiliki jamban seperti ini. Ini merupakan prestasi, dan saya berharap ada inovasi yang sama di desa lainnya," ujar Kepala Bidang Pemerintah Desa di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Arfan Jafar.

Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya Aparatur Desa DMPD, Abidin Patilima mengatakan, untuk pembuatan jamban semua desa telah diarahkan.

"Jadi jamban ada dua design, yang pertama konvensional, dan kedua yang dibuat oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yaitu Septitank Bio," ujar Abi sapaan akrabnya.

Kata dia, untuk septitank bio memiliki kendala yang cukup besar karena pemesanannya harus jauh-jauh hari dan memakan biaya besar.

"Kita harus memesannya langsung di Surabaya, itulah mengapa banyak desa lebih memilih septitank konvensional," ujarnya.

Meski biayannya tergolong mahal, sebagai desa percontohan maka Torosik menerapkannya dengan harapan ditiru oleh desa lain dalam rangka pemanfaatan limbah menjadi bahan berguna.
"Jadi satu unit dihargai Rp 10 juta," ujar Abi.

Terpisah, Sangadi (Kepala Desa) Torosik Muhammad Bakri Mokoagow, menuturkan, target kedepan desannya akan dijadikan sebagai desa percontohan.
"Kami menargetkan semua penduduk memiliki jamban pribadi," ujarnya. (lix)

Penulis: reporter_tm_cetak
Editor: David_Kusuma
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help