History

Ternyata Kisah Cinta di Titanic Itu Benar-benar Ada

Cerita asmara ternyata benar-benar terjadi dalam kapal yang akhirnya menabrak es dan tenggelam pada 15 April 1912 tersebut.

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ingatkah Anda pada kisah cinta Rose DeWitt Bukater dan Jack Dawson dalam film Titanic? Cerita asmara seperti itu ternyata benar-benar terjadi dalam kapal yang akhirnya menabrak es dan tenggelam pada 15 April 1912 tersebut.

Baca: Sejarah THR! Berterimakasihlah Pada Pria Ini!

Sedikit berbeda dari kisah Titanic yang diceritakan sutradara James Cameron pada 1997, kisah nyata pada seratus tahun silam dirasakan oleh seorang janda bernama Helen Churchill Candee. Helen adalah seorang wanita cantik dan pemberani asal New York. Bisa dibilang Helen menjadi wanita yang keluar dari zamannya waktu itu.

Di usianya yang ke-53 saat itu, Helen hidup bersama kedua anaknya setelah ia bercerai pada 1896 dari seorang pria kaya raya. Kisah perceraiannya ini rumit.

Helen dikabarkan pernah menyewa detektif swasta untuk memata-matai suaminya yang diduga telah berselingkuh. Di pengadilan New York, gugatan cerainya tak dikabulkan karena kurang bukti.

Helen tak menyerah, ia kembali ke Oklahoma dan akhirnya berhasil memutuskan hubungan selama 15 tahun antara ia dan suaminya dengan tuduhan suaminya telah bertindak kasar dan mabuk berat.

stamfordadvocate
stamfordadvocate (stamfordadvocate)

Setelah berpisah, Helen menjalani hari-harinya bersama anak-anaknya secara mandiri. Untuk menghidupi keluarganya, ia bekerja sebagai penulis lepas. Ia pernah menulis artikel "How Women May Earn a Living" yang begitu tenar pada 1900.

Dia juga membuat sebuah novel berjudul "An Oklahoma Romance" dan menjadi kontributor di sejumlah majalah. Topik bahasannya tak melulu soal kewanitaan, tetapi juga soal etika bersosialisasi dan bahkan soal arsitektur.

Helen juga menekuni bidang desain interior ketika ia pindah dari New York ke Washington. Popularitas dan seleranya yang tinggi terhadap seni membuat banyak orang tertarik untuk memanfaatkan jasanya.

Konon mantan Presiden AS Theodore Roosevelt dan arsitek Gedung Oval, Nathan Wyeth, pernah berkonsultasi dengannya untuk menghias sisi barat Gedung Putih. Di kemudian hari, ia juga menulis buku soal desain, dekorasi, dan permadani.

Baca: Sambangi Kantor Sinode GMIM, Ini Penyampaian Sandiaga Uno di Hadapan Sekum GMIM

Bagaimana Helen bisa sampai ke Inggris dan naik kapal Titanic dari Southampton ke New York? Itu semua diawali dari kecintaannya terhadap petualangan ke negara-negara lain di belahan dunia.

Halaman
1234
Editor: Alex Bryan Tarore
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved