Pemkab Boltim Manfaatkan Energi Geothermal Di Gunung Ambang, Soni: Izinnya Berproses

Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, segera memiliki cagar alam seluas 3327 hektar di Gunung Ambang, yang menyimpan energi geothermal

Pemkab Boltim Manfaatkan Energi Geothermal Di Gunung Ambang, Soni: Izinnya Berproses
Ist
Gunung Ambang 

Laporan Wartawan Tribun Manado Vendi Lera

TUTUYAN,TRIBUNMANADO.CO.ID- Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, segera memiliki cagar alam seluas 3327 hektar di Gunung Ambang, yang menyimpan energi geothermal.

Menurut Asisten II Soni Waroka, cagar alam di gunung Ambang, telah berubah fungsi, sehingga geothermalnya bisa dimanfaatkan pemerintah Kabupaten Boltim.

"Pemkab Boltim bisa memanfaatkan 2237 hektar sebagai taman wisata alam (TMA) yang terbagi atas tiga blok yakni perlindungan, pemanfaatan dan rehabilitasi," ujar Soni Waroka, Minggu (14/10/2018).

Kata dia, Pemkab Boltim telah memegang surat resmi dari Kementrian tentang perubahan fungsi. Sekarang telah berproses izin pinjam pakai kawasan hutan (IPPKH) dan izin pemanfaatan jasa lingkungan dari kementrian lingkungan hidup dan kehutanan Republik Indonesia.

Lanjut dia, ada juga pengurusan yang sementara berproses yakni WIUP (wilayah izin usaha pertambangan dan IUP Produksi geothermal.

"Jika izin ini selesai. Geothermal bisa dimanfaatkan, sehingga Boltim, bisa mendapat tambahan pendapatan asli daerah (PAD) baru," ujar dia lagi.

Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sehan Landjar mengatakan, geothermal di gunung Ambang bisa menghasilkan 230 megawatt.

"Jika izinnya selesai, maka energi ini bisa dimanfaatkan dan menghasilkan PAD baru untuk Boltim," ujar Sehan Landjar.

Selain Geothermal, ada pula keindahan lain yang bisa dimanfaatkan seperti air terjun, danau Tabang dan Mogogugut, kawat dan lokasi perkemahan. Semua ini bisa menjadi objek wisata. 

Penulis: Vendi Lera
Editor: Ferra Faradila Rizki Sahibondang
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved