Kemendagri Tolak Usulan Penjabat Bupati Bolmut, Depri Pontoh Dilantik Bupati Definitif 25 September

Kementerian Dalam Negeri tak menyetujui penempatan penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) untuk memimpin hingga Desember 2018.

Kemendagri Tolak Usulan Penjabat Bupati Bolmut, Depri Pontoh Dilantik Bupati Definitif 25 September
IST
Dirjen Otonomi Daerah Kemendagri, Sony Sumarson 

Laporan Wartawan Tribun Manado, Ryo Noor

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Kementerian Dalam Negeri tak menyetujui penempatan penjabat Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) untuk memimpin hingga Desember 2018.

Dirjen Otonomi Daerah, Kemendagri, Sony Sumarson mengatakan, Kemendagri sudah memproses pelantikan Bupati terpilih Depri Pontoh menjadi Bupati Definitif dengan wakilnya Amin Lasena

"Jadi yang sudah pesan baju putih (baju penjabat) mohon maaf, insya Allah ada kesempatan di lain waktu," ujar Sonny di Kawasan Mega Mas Manado, Minggu (23/9/2018).

Ada usulan Kabupaten Bolmut akan ditempatkan penjabat, karena provinsi mengasumsikan pelantikan Bupati Bolmut nanti Desember 2018, tapi Kemendagri berpendapat lain. Hal itu karena hasil Pilkada Bolmut sempat berproses di Mahkamah Konstitusi karena ada gugatan.

"Kalau bisa ada definitif kenapa harus ada pejabat Bupati," ujar Mantan Penjabat Gubernur Sulut ini.

Kemendagri langsung memproses untuk pelantikan Bupati Bolmut.

"Normalnya 14 hari kita proses, tapi khusus Sulut cuma 2 hari, kedatangan saya ke sini (Manado) untuk mempercepat proses itu, jadi tidak ada lagi pejabat semua dilantik sampai Bolmut," ungkap Mantan Penjabat Gubernur Sulewesi Selatan ini.

Pelantikan sudah ditentukan 25 September usai HUT Provinsi Sulut. Yang akan dilantik yakni Kepala Daerah Minahasa, Minahasa Tenggara, Kotamobagu, Siau Tagulandang Biaro dan Bolaang Mongondow Utara.

"Talaud nanti tahun depan bum habis masa jabatan," ujarnya.

Editor: Siti Nurjanah
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved