Sungai Ini Melintasi 14 Negara dengan Air yang Tetap Jernih

Sungai ini dijuluki transboundary river karena melintasi tidak kurang dari 14 negara di Eropa.

Sungai Ini Melintasi 14 Negara dengan Air yang Tetap Jernih
Sungai Danube 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Sungai Danube dijuluki transboundary river karena melintasi tidak kurang dari 14 negara di Eropa.

Hebatnya, kejernihan dan kualitas airnya selalu terjaga. Tentu bukan perkara gampang untuk mengelolanya.

Mari kita simak tulisan Bosman Batubara, Danube Mengalir Jauh Tapi Tetap Jernih, seperti yang pernah dimuat di Majalah Intisari edisi Januari 2013.

Kisah tentang Sungai Danube pertama kali saya dengar pada medio 2006-2007. Gara-garanya, terpancing oleh beberapa kasus yang ada di Indonesia. Kebetulan, saya sedang mempelajari kasus bencana industri, dan di dalamnya terdengar nama Sungai Danube.

Baca: Begini Cara Pasukan Mesir Jebol Benteng Pertahanan Israel saat Perang Yom Kippur

Sungai Danube yang melintasi sejumlah negara di Eropa, pada tahun 2000 pernah mengalami bencana industri. Dam penampung tailing (sejenis limbah) tambang emas di Baia Mare, Rumania, jebol.

Polutan yang terkandung pada tailing mencemari tubuh Sungai Danube yang melintasi beberapa negara di bagian hilir Baia Mare.

Pada 2010, koneksitas itu  semakin intens karena saya mendapatkan beasiswa di program Interuniversity Programme in Water Resources Engineering (IUPWARE), Katholieke Universiteit Leuven dan Vrije Universiteit Brussels, Belgium.

Baca: 10 Makanan Pereda Sakit Ganti Obat Penghilang Nyeri

Apalagi, di IUPWARE, semua yang saya pelajari adalah tentang air. Di salah satu mata kuliahnya yakni, Advanced Mathematic for Water Engineering, saya belajar tentang pemodelan numerik. Misalnya, cara membuat model sebuah pencemaran di tubuh sungai.

Dalam mata kuliah itu, kasus pencemaran di Sungai Danube selalu diulang-ulang dan kerap dijadikan contoh. Saya pun semakin merasa terkoneksi dengan Sungai Danube.

Tahu lebih banyak

Halaman
1234
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help