TribunManado/

Sidak Pelanggar Perda Sampah di Manado Terus Berlanjut, Waworuntu: Sudah 50 Kali Sidang

"Kami terus melakukan sidang bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Kita turun dengan tim,"

Sidak Pelanggar Perda Sampah di Manado Terus Berlanjut, Waworuntu: Sudah 50 Kali Sidang
Dok. TRIBUN MANADO
sidang sampah di TKB beberapa waktu. 

Laporan Wartawan Tribun Manado Handhika Dawangi

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Pelanggar perda sampah harus waspada. Tim sidak pemerintah kota Manado hingga saat ini masih terus melaksanakan patroli inspeksi mendadak. Bagi yang masih membuang sampah sembarangan akan disidangkan.

"Kami terus melakukan sidang bagi masyarakat yang membuang sampah sembarangan. Kita turun dengan tim. Untuk teknisnya boleh ditanyakan ke Kasat Pol PP," ujar Kadis Lingkungan Hidup Johanis Waworuntu kepada Tribun Manado, Rabu (11/10/2017) pagi.

Kasat Pol PP Manado Xaverius Runtuwene mengatakan hal senada. "Penindakan tipiring setiap minggu kita lakukan. Yang kedapatan membuang sampah bukan pada tempatnya akan kita sidang di tempat," ujarnya.

Lanjut dia hingga saat ini sudah ada 50 kali sidang tipiring dilaksanakan. "Ada sekitar 50 kali kita laksanakan sidang. Ada yang di  TKB, Malalayang, Wanea, Sario, dan di dalam kompleks kantor wali kota," ujar dia.

Lanjut Xaverius tim pemkot untuk sidak pelanggar perda sampah dengan tegas menindak masyarakat yang melanggar.

"Saat menemukan adanya masyarakat yang membuang sampah sembarangan, kita langsung mendekati, tahan KTP dan diarahkan untuk sidang. Ada jadwalnya," ungkap dia.

Kata Xaverius, kasus yang banyak ditemui oleh tim yang terdiri atas Sat Pol PP, Bagian Hukum, Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Hakim, dan Dinas Lingkungan Hidup ini yaitu masyarakat yang buang sampah sembarangan.

"Ada masyarakat yang membuang sampah di depan rumahnya tidak pada tempatnya. Ada juga yang membuang sampah dari dalam mobil. Kita kejar dan dihentikan. Minta KTP dan arahkan sidang," ujar dia.

Kasat kemudian mengimbau agar masyarakat jangan sampai membuang sampah sembarangan. "Ayo kita jaga kebersihan Kota Manado. Akhir-akhir ini kota Manado banyak even besar sehingga banyak tamu yang datang. Jaga kebersihan. Selalu buang sampah pada tempatnya," ujar kasat.

Kasat menambahkan, sidang bagi pelanggar perda sampah ini bukan untuk menyusahkan masyarakat. "Sidang ini adalah bagian dari sanksi yang ada. Kita menegakkan perda. Bukan menyusahkan masyarakat. Tetapi ini bagian dari pembelajaran," ujarnya. 

Penulis: Handhika Dawangi
Editor: Aldi_Ponge
Sumber: Tribun Manado
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2017
About Us
Help