13 Atlet Bitung Bakal Berlaga di PON Jabar

Sejumlah atlit dari Kota Bitung tengah menjalani pemusatan latihan atau trainning center di tiga cabang (cabor) olah raga.

13 Atlet Bitung Bakal Berlaga di PON Jabar
SHUTTERSTOCK
ilustrasi lari 

Laporan wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG  - Sejumlah atlit dari Kota Bitung tengah menjalani pemusatan latihan atau trainning center di tiga cabang (cabor) olah raga seperti Bola Basket, Volley Ball, Tenis Meja dan Pencak Silat dalam menghadapi even PON Jawa Barat XIX 2016.

Ini disampaikan pengurus masing-masing cabor saat mengikuti pertemuan pimpinan Cabang Olahraga dalam rangka mengangkat prestasi olahraga di Kota Bitung dan persiapan menghadapi ivent tingkat provinsi serta Pembinaan dan pelatihan bagi cabang olahraga prestasi, di kantor Dinas pemuda dan olahraga (Dispora) Kota Bitung, Jumat (26/2).

"Untuk Volley Ball atlit dari Bitung yang masuk dalam seleksi PON mewakili Sulut, Putra lima orang Rizky Tamamilang, Sandro Tela, Aib Sabanari, Hendry Boki dan Vijay Kawengian (libero)," tutur Eman wasit Nasional asal Kota Bitung kepada Tribun Manado, Jumat kemarin.

Sementara untuk kategori putri dimata mereka sangat memprihatinkan karena hanya dua atlit yang dipakai saat seleksi Pra PON lalu, yaitu Christie dan Aprilia Mangana dan hanya Aprilia pemain dari daerah Sanger yang berlanjut hingga main di Pra PON. "Karena saat Pra Pon banyak menggunakan pemain dari Jawa, kemudian saat PON nanti hanya Aprilia yang menurut rencana akan direkrut membela panji Sulut bersama pemain-pemain dari Jawa," jelasnya.

Sementara itu untuk cabang olahraga Bola Basket telah memasukkan lima orang atlitnya untuk seleksi 20 besar sampai pada bulan Maret 2016 guna mencari 12 orang yang masuk tim. "Mereka adalah putra Andre Rorimpandey, Ray Mintia dan Eliakim dan official pelatih saya sendiri, sementara putri Vilia Pialandang dan Cantika Ianlebe," tutur Octavianus Sanda ketua Perbasi Kota Bitung didampingi sekretarisnya Christian Wayongkere.

Pada cabor Tenis meja tak mau ketinggalan menempatkan tiga orang atlit yang tengah menjalani seleksi PON dan satunya lagi tengah ditempat di sekolah ragunan. "Untuk atlit dari Bitung di Ragunan akan mengikuti pertandingan tenis meja Internasional di Thailand," tutur Meidy Pakaya.

Jhon M Sondakh kadis Dispora pemko Bitung melalui Kabid olahraga Bismar Manurung menjelaskan dalam rangka pembinaan Dispora akan minta atlit yang akan diseleksi dalam menghadapi event tingkat kota, provinsi dan Nasional dengan persyaratan siswa SMA yang duduk di kelas XI kebawah karena kelas XII tengah persiapan ujian Nasional.

"Supaya merek tidak terganggu. Untuk cabor Volley 10 putra 10 putri dan satu pelatih, Basket delapan putra putri dan satu pelatih, Tenis Meja dua putra putri dan satu pelatih serta Pencak Silat empat atlit dan tiga pelatih. "Ini akan diberikan perhatian berupa pembinaan dan pelatihan selama beberapa bulan kedepan dengan biaya atau dapat honor untuk atlit dari Dispora. Untuk atlit akan peroleh perlengkapannya dan extra fooding serta seragam supaya saat ada kegiatan atau lomba tidak keburu menyiapkan atlit sudah ada yang disiapkan jauh-jauh sebelumnya," jelas Manurung.

Rencana pembinaan dan pelatihan bagi atlit serta pelatih untuk cabor Basket, Volley, Pencak Silat dan Tenis Meja akan berlaku pada awal Maret hingga April 2016. Terry Pando kepala seksi olahraga pelajar dan Mahasiswa menambahkan program ini akan di launching pada 4 Maret 2016 hingga April pertengahan. "Mereka akan menjalani pelatihan selama seminggu tiga kali latihan, untuk hari waktu dan tempat ditentukan oleh masing-masing cabor. Selain itu kami akan di bantu tiket pulang pergi dan akomodasi selama mengikuti event tingkat Nasional," jelas Terry

Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Rine Araro
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved