RHK Sabtu 21 Januari 2023

RENUNGAN HARIAN KELUARGA – Lukas 12:33-34 Kumpulkan Harta Sorgawi

Harta adalah berkat Tuhan, maka harus diolah dan dimanfaatkan secara bertanggungjawab. Memiliki harta bukan hanya sebagai kekayaan

Penulis: Aswin_Lumintang | Editor: Aswin_Lumintang
pixabay.com
Renungan Harian Kristen - Berlindung Kepada Tuhan 

Lukas 12:33-34
(33) Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah! Buatlah bagimu pundi-pundi yang tidak dapat menjadi tua, suatu harta di sorga yang tidak akan habis, yang tidak dapat didekati pencuri dan yang tidak dirusakkan ngengat.
(34) Karena di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.”
------------------------------------

Baca juga: BACAAN ALKITAB MALAM -   Yeremia 51:6-10 Minimnya Suara Kebenaran

TRIBUNMANADO.CO.ID - Keluarga Kristen yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus.

Harta adalah berkat Tuhan, maka harus diolah dan dimanfaatkan secara bertanggungjawab. Memiliki harta bukan hanya sebagai kekayaan tapi lebih jauh sebagai harkat dan martabat seseorang, sehingga semua orang berjuang keras untuk mendapatkan dan mengumpulkannya.

Bagi orang percaya, harta bukan hanya ada di dunia tetapi ada juga di sorga. Korelasi harta di dunia dan di sorga terukur dari hati manusia. Jika kita manusia murah hati maka kita diberikan kemurahan oleh Tuhan (Mat. 5:7).

Bacaan Alkitab
Bacaan Alkitab (plantsandpillars.net)

Keluarga Kristen yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus.

Firman Tuhan saat ini, Tuhan Yesus menegaskan kepada murid-murid-Nya, “Juallah segala milikmu dan berikanlah sedekah!” Apakah Tuhan bermaksud supaya manusia jatuh miskin? Tentu tidak.

Yesus mau mengarahkan supaya hati murid-murid tidak hanya tertuju pada apa yang ada di dunia sebagai kekayaan. Tetapi harta yang jauh lebih mulia ada di dalam Tuhan, yang tidak dapat diambil oleh pencuri dan tidak rusak.

Karenanya bermurah hatilah bagi sesama manusia (memberi sedekah), supaya boleh terkumpul harta sorgawi.

Hati dan pikiran yang tertuju pada harta dunia mengobarkan kekuatiran yang kronis, karena “di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada”.

Membagi harta dengan sesama manusia merupakan ekspresi tiadanya kekuatiran, tidak takut terhadap masa yang akan datang dan ini merupakan proses terkumpulnya harta sorgawi sehingga pasti hati juga berada di sana.

Baca juga: BACAAN ALKITAB MALAM - Yeremia 30:18-19 Mendekatkan dengan Nyanyian

Keluarga Kristen yang dikasihi dan diberkati Tuhan Yesus.

Memberikan sedekah atau bermurah hati bukan hanya sekedar menebar berkat, tetapi ternyata itu adalah proses pembuatan pundi untuk harta di sorga yang tidak dapat habis atau rusak digerogoti oleh apapun.

Memberi sedekah merupakan proses pembentukan arah hati kita ke sorga, di tempat harta sorgawi telah terkumpul. Karena itu jangan lagi orang percaya hanya berpikiran dangkal, bahwa segala persembahan, diakonia, sedekah dan lain sebagainya hanya sekedar tuntutan organisasi dan gengsi, sehingga segala pemberian kita hanya didasari oleh suka atau tidak suka.

Jelas sekali ini merupakan tuntutan ketaatan kepada Tuhan, bahwa totalitas hidup kita harus terarah ke sorga di mana harta itu terkumpul. Kebenaran Firman Allah ya dan amin, bahwa “di mana hartamu berada, di situ juga hatimu berada.” Pautkanlah hati dan keinginanmu di sorga. Amin.

DOA: Tuhan Yesus, ajarlah kami supaya dapat memperlakukan harta secara benar. Buatlah hati kami tidak hanya tertuju pada harta dunia, tetapi arahkanlah kami untuk mengumpulkan harta sorgawi. Amin.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved