Kabakaran di Minahasa

Tempat Usaha Mebel di Desa Toliang Oki Minahasa Sulawesi Utara Ludes Dilalap Api

Satu unit bangunan tempat usaha di Desa Toliang Oki, Kecamatan Eris, Kabupaten Minahasa ludes dilalap si Jago Merah,

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
IST
Satu unit bangunan tempat usaha di Desa Toliang Oki, Kecamatan Eris, Kabupaten Minahasa ludes dilalap si Jago Merah, Rabu (11/1/2023) dini hari. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Satu unit bangunan tempat usaha di Desa Toliang Oki, Kecamatan Eris, Kabupaten Minahasa ludes dilalap si Jago Merah, Rabu (11/1/2023) dini hari.

Tempat Usaha Mebel yang dimiliki Keluarga Politon - Maramis tersebut hangus terbakar sekira Pukul 02.20 dini hari yang berlokasi di Desa Touliang Oki Jaga 3.

Informasi bermula saat petugas piket Pemadam menerima laporan Warga atas nama Priska Korompis tentang kejadian kebakaran, sekira pukul 2,20 Wita dini hari.

Tim Reaksi cepat Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Minahasa, langsung terjun ke lokasi melakukan upaya pemadaman api.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Minahasa Melky Luvy Rumate saat dikonfirmasi Tribunmanado.co.id, membenarkan kejadian tersebut.

"Jadi, berdasarkan laporan, lokasi kebakaran berdekatan dengan pemukiman warga. Sehingga butuh penanganan cepat, agar api tidak meluas.

Kami langsung menerjunkan Tim reaksi cepat Damkar Kabupaten Minahasa, dan angsung bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan penanganan agar tidak meluas," jelas Ramate kepada Tribunmanado.co.id, Rabu (11/1/2023).

Dikatakan Kadis Damkar, bahwa pihaknya mengerahkan Tiga unit truck pemancar armada pemadam, 1 unit mobil komando dan 1 unit Ambulance dengan dukungan 22 personil, langsung diturunkan.

"Kamis berjibaku memadamkan kobaran api dan berhasil memblokade api sesuai arah angin supaya tidak menjalar ke sisi lain, serta berhasil memadamkan api dengan cepat," terang Rumate.

Terkait dengan penyebab kebakaran tersebut, Menurut Kadis Damkar, dugaan sementara akibat adanya titik api seperti puntung rokok, yang ditiup angin sehingga perlahan membesar.

"Saat itu memang pemilik usaha sedang tidak berada ditempat, jadi kemungkinan api berasal dari puntung rokok yang kemudian membesar, apalagi disitu banyak bahan kimia yang mudah terbakar," jelas Rumate.

Beruntung dalam peristiwa kebakaran tersebut tidak ada korban jiwa.

"Saat ini api telah berhasil dipadamkan dan situasi dalam keadaan aman, hanya belum diketahui besaran kerugian materil yang dialami korban," ujar Rumate.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk tetap waspada, apalagi kondisi cuaca ekstrem disertai angin kencang saat ini.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved