Sitaro Sulawesi Utara

Dinas Perhubungan Sitaro Launching ESA-Trans, Aplikasi Berbasis Web untuk Tingkatkan Layanan Publik

Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro melaunching aplikasi ESA-Trans (Excellent Service of Sitaro Transportation System)

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
IST
Proses launching ESA-Trans yang berlangsung di kantor Dinas Perhubungan Sitaro Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dinas Perhubungan Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro melaunching aplikasi ESA-Trans (Excellent Service of Sitaro Transportation System) beberapa waktu lalu.

Aplikasi ESA Trans merupakan implementasi dari proyek perubahan sehubungan dengan pelaksanaan Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) Tingkat II Angkatan 29 Tahun 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Sitaro Indra Purukan mengatakan, Esa Trans merupakan aplikasi berbasis web yang dibuat dalam rangka meningkatkan layanan publik.

"Kedepan melalui proyek perubahan ini diharapkan mampu meningkatkan kinerja pelayanan publik di Dinas Perhubungan," kata Purukan, Selasa (13/12/2022).

Salah satu content dalam aplikasi ini yakni masyarakat Sitaro yang berada diluar pulau Siau dapat mengurus izin trayek tanpa harus datang ke dinas terkait di Ondong Siau.

"Selain itu juga ada layanan administrasi internal untuk memudahkan proses pengambilan keputusan sebagaimana tugas fungsi dalam lini organisasi dinas perhubungan," ujarnya.

Sesuai target, Purukan bilang, tahun depan akan dikembangkan layanan berbasis peta digital tematik perhubungan atau Web GIS, serta integrasi dengan layanan pemerintah lainnya sebagaimana amanat Perpres tentang SPBE.

"Kemudian ada untuk informasi terkait sarana prasarana yang ada dan juga wisata, wisata ini berkaitan dengan informasi terkait destinasi wisata atau daerah tujuan wisata yang ada di Sitaro," lanjutnya.

Selain itu dalam tampilan homepage juga berisi informasi terkait destinsi wisata yang ada di Kabupaten Sitaro.

"Ini penting karena kita juga menginformasikan daerah-daerah wisata yang ada di Sitaro lengkap dengan sarana prasarana transportasi yang tersedia ke wilayah-wilayah tersebut," ungkapnya.

Kemudian terdapat tampilan terkait jadwal pelayaran kapal yang melintasi wilayah Sitaro termasuk nantinya jika penerbangan sudah beroperasi, akan ada jadwal terkait informasi penerbangan.

"Jadwal transportasi, baik itu kapal laut maupun pesawat jika nanti sudah aktiv, itu semua kami tampilkan dalam aplikasi ini," kunci Purukan sembari menunjukan tampilan-tampilan dalam aplikasi. (HER)

Baca berita lainnya di: Google News.

Berita terbaru Tribun Manado: klik di sini.

Baca juga: Alasan Pakar Forensik Ragu Putri Candrawathi Alami Pelecehan, Ungkap Jangka Waktu Pulih dari Trauma

Baca juga: Kerja di Luar Negeri Menggiurkan, Magang Saja Bisa Gajian Belasan Juta Sebulan

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved