Sang Legenda

Legenda Sepak Bola Brasil Pele Masuk Ruang Perawatan Akhir Hayat

Perawatan akhir hayat atau paliatif harus dijalani Pele setelah kemoterapi untuk perawatan kanker usus besarnya tak menunjukkan hasil yang diharapkan.

Editor: Rizali Posumah
ISTIMEWA
Legenda Sepak Bola Brasil Pele Masuk Ruang Perawatan Akhir Hayat. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Edson Narantes Do Nascimento alias Pele kini telah terbaring karena sakit yang dideritanya.

Legenda sepak bola Brasil itu terinformasi telah dipindah ke ruang "perawatan akhir hayat".

Hal itu setelah dirinya gagal merespons ke pengobatan kemoterapi.

Perawatan akhir hayat atau paliatif harus dijalani Pele setelah kemoterapi untuk perawatan kanker usus besarnya tak menunjukkan hasil yang diharapkan.

Lantas apa itu perawatan akhir hayat atau paliatif"

Dikutip dari kanal Edukasi Kompas.com, ini merupakan perawatan khusus untuk seorang pasien dan keluarganya yang memiliki penyakit dan sudah tidak dapat disembuhkan.

Diketahui, Pele yang saat ini telah berusia 82 tahun masuk ke Rumah Sakit Albert Einstein di Sao Paulo pada 29 November utuk menjalani kemoterapi.

Jelang akhir pekan ini, RS tersebut merilis buletin medis yang mengatakan bahwa Pele didiagnosis dengan infeksi saluran pernafasan.

Media asal Brasil Folha de S. Paulo kini melaporkan bahwa kemoterapi sang legenda telah ditunda dan Pele sekarang berada di ruang perawatan paliatif.

Perawatan paliatif digunakan untuk membantu pasien kanker yang penyakitnya tidak mungkin disembuhkan menghadapi ajal secara baik.

Perawatan paliatif merupakan suatu pendekatan untuk meningkatkan kualitas hidup pasien dan keluarganya.

Dalam menghadapi banyak masalah terkait penyakit mengancam jiwa, biasanya pasien dan keluarga justru mengalami tekanan yang besar.

Melalui perawatan paliatif, tenaga perawat akan berupaya meringankan penderitaan dengan deteksi dini, pengkajian menyeluruh dan penanganan nyeri, serta masalah lain baik fisik, psikososial, maupun spiritual.

Dukungan secara psikologis dengan memberikan kasih sayang kepada pasien yang menderita penyakit kronis merupakan dasar perawatan paliatif.

Halaman
12
Sumber: Grid.ID
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved