Advertorial

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey Bangun Sistem Kepemimpinan Digitalisasi

Gubernur Sulawesi Utara mendorong agar pemda bersinergi, mulai dari tingkat desa/kelurahan hingga provinsi untuk membentuk Kepemimpinan Digitalisasi.

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Isvara Savitri
IST
Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Steven Kandouw. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, dan Wakil Gubernur, Steven Kandouw mendorong agar ada sinergitas interkoneksi.

Sinergitas itu diharapkan bisa menghubungkan wilayah desa/kelurahan, kecamatan, kabupaten/kota, hingga provinsi.

Hal ini diharapkan bisa mendorong Sulut mewujudkan Sistem Kepemimpinan Digitalisasi.

"Sudah saatnya kita mendorong agar pemerintah kabupaten/kota di Sulawesi Utara mewujudkan kepemimpinan digital bagi pemerintah daerah guna menentukan kualitas layanan publik yang efektif dan efisien," kata Olly Dondokambey kepada tribunmanado.co.id, Kamis (1/12/2022)

Olly Dondokambey meminta pemerintah daerah memperkuat infrastruktur dan suprastruktur mulai dari desa dan kelurahan serta kecamatan terkoneksi ke kabupaten/kota hingga provinsi.

Hal yang harus segera dirancang yakni Rencana Induk Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RIPTIK) di kabupaten/ kota.

Baca juga: Sosok Cho Gue Sung, Pesepak Bola Timnas Korea Selatan yang Dirumorkan Berpacaran dengan Ji Min Joo

Baca juga: Chord Gitar dan Lirik Lagu Cepmek - Alif Cepmek, Itu Kali Pertama

Contohnya seperti apa yang dibangun Kota Bitung, Kabupaten Siau Tagulandang Biaro, Kabupaten Minahasa Selatan, dan Kabupaten Minahasa Utara.

Termasuk Kota Manado dan Kabupaten Bolaang Mongondow yang sementara menyiapkan infrastrukturnya.

Langkah ini patut didorong, semuanya ini akan mewujudkan Pembangunan Digitalisasi Informasi Pemerintahan akan terwujud di Sulut.

Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey menyiapkan, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) Tahun 2021-2051.
Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey menyiapkan, Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Rencana Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup (RPPLH) Tahun 2021-2051. (IST)

Ia mengatakan, di satu sisi semua harus dipersiapkan agar kriteria utama dalam kepempimpinan digital dapat dilihat dari laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah.

Di sisi lain bangkitnya pergerakan ekonomi masyarakat melalui UMKM, bisnis, dan ekonomi kreatif, menjadi jawaban atau solusi percepatan pemulihan ekonomi. 

"Dengan demikian, sinergitas digitalisasi akan mewujudkan Kepemimpinan Digitalisasi  Pemerintahan," katanya.(adv)

Baca berita lainnya di: Google News.

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved