Sangihe Sulawesi Utara

135 Warga Binaan Lapas Kelas llB Tahuna Sangihe Sulawesi Utara di Klaim BPJS Kesehatan

Sebanyak 135 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe telah diikutkan menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Penulis: Nelty Manamuri | Editor: Chintya Rantung
Nelty/Tribun Manado
Suharno, Kepala Lapas Kelas llB Tahuna Sangihe Sulawesi Utara 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Sebanyak 135 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tahuna Kabupaten Kepulauan Sangihe telah diikutkan menjadi peserta jaminan kesehatan dalam Program BPJS Kesehatan.

“Saat ini penghuni Lapas Kelas II Tahuna sebagai warga binaan telah memiliki jaminan kesehatan sebagai peserta BPJS kesehatan,” kata Kepala Lapas Tahuna, Suharno, di Tahuna, Rabu (30/11/2022)

Menurut dia, Lembaga Pemasyarakatan Tahuna saat ini mengedepankan pembinaan kepada semua warga binaan dengan komitmen memanusiakan manusia, sehingga warga binaan diberikan jaminan kesehatan sebagaimana hak setiap warga negara.

“Kami berusaha memberikan yang terbaik bagi warga binaan, sehingga mereka saat ini telah menjadi peserta BPJS Kesehatan,” kata dia.

Guna menerbitkan kartu BPJS Kesehatan bagi warga binaan, Lapas Tahuna harus berkoordinasi dengan pihak Kejaksaan Negeri Kepulauan Sangihe serta Dinas Kesehatan daerah, sehingga 135 warga binaan yang memiliki KTP-el menjadi peserta BPJS Kesehatan sebagaimana kerinduan jajaran Lapas Tahuna.

Langkah ini diambil oleh Lapas Tahuna sebab anggaran kesehatan yang tersedia setiap tahun bagi warga binaan sangat terbatas.

Dengan menjadi peserta BPJS Kesehatan, maka 135 orang warga binaan sudah dijamin oleh BPJS Kesehatan ketika harus berobat ke dokter di saat sakit.

“Kami menyampaikan terima kasih kepada Kajari Sangihe serta jajaran Dinas Kesehatan Daerah yang sudah memfasilitasi, sehingga warga binaan memperoleh jaminan kesehatan sebagai peserta BPJS Kesehatan,” kata dia.

Pj Bupati Sangihe Sukses Gelar Jambore PKH, Peluncuran Bansos hingga Pelayanan Kesehatan Gratis

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Sangihe sukses menggelar Jambore PKH yang dirangkaian peluncuran bansos PKH tahap IV, BLT BBM Tahap II dan sembako tahap IV, Selasa (29/11/2022).

Kegiatan dihadiri Pj Bupati Sangihe dr Rinny Tamuntuan.

Kegiatan Jambore PKH ini digelar sebagai konsolidasi pendamping atau SDM PKH Kecamatan, untuk memastikan pendampingan terhadap keluarga penerima manfaat dalam mengawal penyaluran Bansos Kementerian Sosial, program pencegahan stunting dan percepatan graduasi KPM PKH untuk berdaya secara ekonomi.

Untuk memastikan pendampingan yang telah dilakukan oleh para pendamping PKH, Pj Bupati Sangihe dr Rinny Tamuntuan memberikan penghargaan kepada SDM pendamping PKH berprestasi atas keberhasilan pendampingan penyaluran bansos tertinggi pada tahap I, II dan III.

Penyaluran bansos ini dilakukan sejak beralihnya penyalur bansos PKH dari Bank Himpunan Negara (BRI, BNI dan Mandiri) ke PT Pos Indonesia.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved