Nasional Politik

Anies Baswedan Bahas Sosok Cawapres untuk Pilpres 2024, Singgung Nama Jenderal Andika Perkasa

Mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan buka suara tentang cawapres di Pilpres 2024.

Editor: Frandi Piring
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memberikan sambutan saat pengumuman deklarasi Calon Presiden 2024 dari Partai Nasdem di Nasdem Tower, Jakarta, Senin (3/10/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Calon Presiden (Capres) dari Partai NasDem, Anies Baswedan angkat bicara terkait sosok Calon Wakil Presiden (Cawapres) di Pilpres 2024 mendatang.

Diketahui sebelumnya dideklarasikan sebagai bakal calon presiden (bacapres) dari Partai Nasdem untuk pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyinggung nama Jenderal TNI Andika Perkasa yang kini menjabat sebagai Panglima TNI.

Selain Jenderal Andika, nama Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa hingga putri dari mantan Presiden ikut disinggung Anies Baswedan.

Hingga kini, belum ada bakal calon wakil presiden (cawapres) yang dinilai cocok mendampingi Anies Baswedan.

Sejumlah nama sempat masuk radar Nasdem. Seperti Andika Perkasa (Panglima TNI), Khofifah Indar Parawansa (Gubernur Jawa Timur), dan Yenny Wahid (putri Presiden ke-4 RI).

Anies Baswedan mengatakan, proses pemilu masih panjang. Mengenai cawapres dirinya masih akan dibahas setelah koalisi selesai.

"Masih panjang (prosesnya). Koalisinya saja belum selesai. Nanti koalisinya dulu selesai kemudian baru tahap berikutnya. Masih panjang," kata Anies, di Solo, Jawa Tengah, Selasa (15/11/2022).

"Media saja yang ramai. Ini siapa, ini siapa, kita malah masih santai," ungkap Anies.

Pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Anies Baswedan, yang purnatugas sebagai Gubernur DKI Jakarta Minggu (16/10) malam.
Pertemuan antara Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Anies Baswedan, yang purnatugas sebagai Gubernur DKI Jakarta Minggu (16/10) malam. (twetter_jansen)

Diberitakan sebelumnya, Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Nasdem Hermawi Taslim mengungkap,

sejumlah nama calon wakil presiden yang disiapkan Nasdem untuk mendampingi Anies Baswedan yang diusung sebagai calon presiden (capres).

“Banyaklah (figur cawapres) yang sudah muncul itu, yang jelas seperti Andika (Panglima TNI Andika Perkasa), Khofifah (Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa), Yenny Wahid itu masuk dalam radar kita,” tutur Hermawi pada wartawan, Rabu (5/10/2022).

Namun, kata dia, ketiga nama itu masih harus dibicarakan terlebih dulu dengan Anies serta partai politik yang akan bergabung ke dalam koalisi kelak.

“Tentu partai-partai koalisi kumpulkan (bakal cawapres) baru nanti persetujuan Pak Anies,” ucapnya.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved