Sulawesi Utara

Polda Sulawesi Utara Sosialisasi Kendaraan Listrik, Pardede: Ada Kemudahan Termasuk Pajak Kendaraan

Polda Sulawesi Utara melaksanakan sosialisasi kendaraan listrik untuk mobilisasi sebagai bentuk pengelolaan transisi energi menuju energi terbarukan

Penulis: Rhendi Umar | Editor: Chintya Rantung
Rhendi Umar/Tribun Manado
Dirlantas Polda Sulawesi Utara Kombes Pol Robertho Pardede. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Polda Sulawesi Utara melaksanakan sosialisasi kendaraan listrik untuk mobilisasi sebagai bentuk pengelolaan transisi energi menuju energi terbarukan yang bersih, bebas emisi karbon dan ramah lingkungan.

Kegiatan diawali dengan apel pagi yang dipimpin langsung Dirlantas Polda Sulut Kombes Pol Robertho Pardede.

Baca juga: Cinta Muaya, Karateka Cantik Asal Boltim, Pernah Juara Asia-Pasifik Tampil di Porprov Sulut 2022

Baca juga: Profil Syabda Belawa, Pebulu Tangkis yang Sukses Kumandangkan Indonesia Raya di Malaysia

Direktur Lalu Lintas mengatakan, sebelumnya telah dilakukan presentasi dan sosialisasi serta test drive kendaraan listrik kepada Kapolda dan para Pejabat Utama Polda Sulut, pada pekan lalu.

“Atas perintah Pak Kapolda, pada hari ini kita melakukan sosialisasi transisi energi menuju energi terbarukan atau energi listrik kepada seluruh personel,” ujar Kombes Pol Pardede, sesaat usai apel.

Lanjutnya, sosialisasi ini selaras dengan arahan presiden terkait upaya pengelolaan transisi energi menuju energi terbarukan yang bersih, bebas emisi karbon, dan ramah lingkungan.

“Ini merupakan salah satu tema pokok yang diusung dalam KTT G20 di Bali, yang puncak kegiatannya dilaksanakan pada 15-16 November. Sehingga kita di Polda Sulut dan seluruh jajaran kita laksanakan sosialisasi.

Kita sampaikan ke seluruh personel, bagaimana bisa melihat bentuk-bentuk keekonomisan dari penggunaan kendaraan-kendaraan yang berenergi listrik ini, selain itu juga bagaimana bebas dari emisi karbon dan ramah lingkungan,” jelas Kombes Pol Pardede.

Menurutnya, terdapat beberapa kemudahan yang diberikan pihak produsen apabila berganti atau bertransisi dari kendaraan yang menggunakan energi BBM ke energi listrik ini.

“Ada beberapa kemudahan antara lain, pada saat peningkatan daya listrik di rumah masih dilakukan secara gratis oleh PLN kemudian juga pajak kendaraan jauh lebih murah, dan di beberapa provinsi ada kemudahan antara lain bebas dari ketentuan plat nomor ganjil-genap,” pungkas Kombes Pol Pardede.

Dalam sosialisasi tersebut, para personel Polda Sulut mendapatkan penjelasan dari pihak marketing mobil dan sepeda motor listrik, mulai dari harga, spesifikasi, hingga teknis pemakaian.

Selain itu, para personel juga diberikan kesempatan untuk mencoba langsung atau test drive mobil maupun sepeda motor bertenaga listrik tersebut. (Ren)

Baca juga: Gempa Siang Ini Senin 14 November 2022, Info BMKG Gempa Guncang Aceh di Darat

Baca juga: Profil Syabda Belawa, Pebulu Tangkis yang Sukses Kumandangkan Indonesia Raya di Malaysia

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved