Berita Sulawesi Utara

27 Kasus Mafia BBM yang Ditangani Jajaran Polda Sulawesi Utara, Total Ada 33 Tersangka

27 Kasus Mafia BBM Jajaran Polda Provinsi Sulawesi Utara, Sebanyak 33 Tersangka Diringkus.

Penulis: Rhendi Umar | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Nielton Durado
Subdit Tindak Pidana Tertentu Ditreskrimsus Polda Sulawesi Utara melakukan Police Line di Nosel Bio Solar SPBU Paal 2 Kota Manado, Kamis (6/10/2022) malam. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - SPBU Paal 2 Kota Manado di Police Line oleh Subdit Tindak Pidana Tertentu (Tipidter) Ditreskrimsus Polda Sulawesi Utara. 

Langkah ini menjadi keseriusan dari Direskrimsus Kombes Pol Nasriadi untuk membongkar prafik para mafia menguras solar subsidi, sesuai instruksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. 

Dengan demikian setelah menetapkan dua orang kasus mafia solar, maka total saat ini sudah ada 12 tersangka dengan jumlah perkara 8 serta jumlah BBM/Ton: 16.980 liter. 

Direktur Ditreskrimsus Polda Sulut Kombes Pol Nasriadi, mengungkapkan, kasus-kasus tersebut akan terus didalami oleh penyidik untuk mengungkap pelaku-pelaku lainnya yang terlibat.

Para pelaku menurutnya dikenakan Pasal 55 UU RI Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi yang telah diubah dalam Pasal 40 UU RI Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, dengan ancaman hukuman penjara paling lama 6 tahun dan denda paling banyak Rp 60 miliar 

Nasriadi mengatakan, pihaknya sudah mengimbau kepada para pengusaha-pengusaha migas agar kasus seperti ini tidak terjadi lagi.

“Kita sudah berkoordinasi dengan instansi terkait agar memberikan sanksi kepada para pengusaha maupun masyatrakat yang terlibat dengan kasus seperti ini,"jelasnya.

Nasriadi bahkan telah memberitahukan kepada seluruh pemilik SPBU agar tidak menjual solar tersebut kepada mereka yang akan menyalagunakan subsidi.

"Contohnya, harus menjual sesuai normatif tengki dari mobil, kalau satu tangki truk 60 liter, maka tidak boleh dari itu.

Apabila ada pengisian berulang-ulang, maka kita akan lakukan penindakan," ujarnya.

“Modusnya adalah, solar dibeli dari beberapa SPBU yang dilansir baik itu menggunakan tangki standar maupun tangki yang sudah dimodifikasi kemudian dikumpulkan di satu gudang. 

Berikut Data-data Lengkapnya

1.Status Kasus

- Tahap Satu: 7 kasus
- Tahap Dua: 5 kasus
- Penyidikan: 8 kasus

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved