Berita Manado

LKP The Sunshine College Berikan Pelatihan Bahasa Inggris bagi ASN Pemkot Manado

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkot Manado menggelar pelatihan bahasa Inggris kepada aparatur sipil negara (ASN)

Editor: David_Kusuma
Dok Panitia
Kaban BKPSDM Pak Nixon Waha, Peserta Kursus, Direktris LKP The Sunshine College Mrs Bonifacia S Undap SS, Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Manado Bapak Harke Tulenan Msi, Sandra Sondakh Sekretaris BKPSDM dan Peserta Kursus 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pemkot Manado menggelar pelatihan bahasa Inggris kepada aparatur sipil negara (ASN), Senin-Jumat (26-30/9/2022). LKP The Sunshine College menjadi instruktur tunggal pelatihan tersebut.

Bonifacia S Undap SS yang biasa disapa Mem Facia, selaku trainer sekaligus Owner LKP The Sunshine College English and Public Speaking Learning Center mengungkapkan, dirinya bersyukur karena menjadi suatu penghargaan besar dapat dipilih menjadi instruktur tunggal pelatihan tersbut.

Program pelatihan bahasa Inggris ini diikuti oleh 30 peserta dari berbagai perangkat daerah yang dipilih oleh BKPSDM. Utusan dari Kecamatan Bunaken Darat, Kepulauan Bunaken, Dinas Pariwisata, Disdukcapil, Bagian Kerja Sama Setda Kota Manado, DPMPTSP, Disperindag, Diskominfo, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Ketenagakerjaan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Dinas Perhubungan, BKPSDM, Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Dinas Pengendalian Penduduk dan KB, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan PA, Dinas Pangan, Bapenda, Badan Kesbangpol dan Satpol PP.

Penutupan Kegiatan Pelatihan Bahasa Inggris yang digelar BKPSDM Pemkot Manado
Penutupan Kegiatan Pelatihan Bahasa Inggris yang digelar BKPSDM Pemkot Manado (Dok Panitia)

Pelatihan dibuka Asisten Administrasi Umum Sekda Kota Manado Drs Harke Tulenan,MSi didampingi Sekretaris BKPSDM Sandra Sondakh.

“Sejak pelatihan hari pertama, peserta yang berjumlah 30 orang terlihat begitu antusias dan sangat bersemangat,” ujar Mem Fecia.

Mem Fecia mengawali pelatihan dengan memperkenalkan nama lembaga kursus, profil perusahaan, visi nisi dan legalisasi dari LKP The Sunshine College.

Sebelum mulai, ada doa pembuka dalam bahasa Inggris.

Setelah itu, ada yel-yel seru dimana semua peserta pria meneriakkan kalimat, ‘the sunshine’
dan semua peserta menjawab "creative and smart solution, yes yes yes"

Lembaga Kursus dan Pelatihan ( LKP) The Sunshine College selalu memberikan Pelatihan dengan melibatkan seluruh peserta kursus. Setelah penjelasan tentang materi, Mem Facia langsung memanggil peserta secara bergantian untuk mengulang kembali, apa yang baru diterangkan.

Tidak ada peserta satupun yang lolos dari pertanyaan, itulah yang membuat para peserta enjoy dan tidak takut salah dalam menjawab.

" Learn from mistakes make us understand quickly,” kata Mem Fecia.
Belajar dari kesalahan akan membuat kita lebih cepat mengerti
“English training ini diharapkan agar para ASN dapat meningkatkan soft skill khususnya keterampilan berbahasa Inggris, agar dapat berkomunikasi dengan tamu-tamu asing yang akan berkunjung di daerah kita,” tutur Mem Fecia.

Kegiatan ini ditutup Kabid BKPSDM James Rahakbauw. (*)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved