Manado Sulawesi Utara

Beri Kuliah Umum di Unsrat, Wamenkeu Beber Kesuksesan Indonesia Tangani Pandemi Covid-19

Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) RI, Suahasil Nazara memberi kuliah umum di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Manado, Sulawesi Utara

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
fernando lumowa/tribun manado
Wakil Menteri Keuangan RI, Prof Suahasil Nazara memberi kuliah umum di Universitas Sam Ratulangi Manado, Senin (03/10/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Wakil Menteri Keuangan (Wamenkeu) RI, Suahasil Nazara memberi kuliah umum di Universitas Sam Ratulangi (Unsrat), Manado, Sulawesi Utara, Senin (03/10/2022).

Sedikitnya 500 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unsrat mengikuti kuliah umum di auditorium Fakultas Kedokteran.

Wamenkeu membawakan materi Kondisi Terkini Ekonomi Indonesia.

Ia membeber, Indonesia satu di antara sedikit negara yang sukses menangani pandemi Covid-19.

"Penanganan ekonomi Indonesia di tengan pandemi salah satu yang terbaik di dunia," kata Nazara.

Katanya, dalam 2,5 tahun terakhir era pandemi, Pemerintah Indonesia mengambil sejumlah kebijakan untuk menjaga stabilitas ekonomi.

"Tidak semua negara bisa melakukan itu. Ada keseimbangan antara penanganan kesehatan dan menjaga perekonomian," katanya.

Katanya, ada negara yang baik di sisia kesehatan tapi ekonominya anjlok. Ada yang negaranyanya resesi karena inflasi. "Contohnya Sri Lanka yang dipicu krisis kesehatan," bebernya.

Sementara, ada negara yang ekonominya relatif stabil tapi tidak maksimal. Hanya saja, sektor kesehatannya gagal yang memicu krisis lainnya.

"Indonesia termasuk dalam penanganan Covid-19 sangat-sangat stabil," katanya.

Hal itu, kata Wamenkeu karena pengambilan kebijakan mengacu keseimbangan antara penanganan kesehatan dan sisi ekonominya.

Ke depan, Pemerintah RI akan terus melakukan langkah-langkah strategis untuk menjaga momentum.

Materi Wamenkeu disambut antusias ratusan mahasiswa. Itu tercermin dalam sesi diskusi. Mereka berebut untuk bertanya dan menyampaikan argumentasi.

Sementara, Rektor Universitas Sam Ratulangi, Prof Dr Ir Ellen Joan Kumaat MSc DEA bangga dikunjungi orang nomor dua di Kemenkeu RI.

"Kedatangan Wamenkeu menjadi tanda Unsrat diberi perhatian," kata Ellen yang banyak membeber langkah Unsrat menghadapi pandemi.

Sementara, Wakil Rektor I Unsrat Bidang Akademik, Prof Dr Ir Grevo Somenan Gerung MSc mengungkapkan, mahasiswa Unsrat terus mendapat penguatan dari pakar ekonomi.

"Dengan kehadiran Pak Wamenkeu yang memberi kuliah umum, mahasiswa bisa langsung mendengar dari pakar dan bisa lebih paham," katanya.

Sebelum memberi kuliah umum, Prof Suahasil Nazara meluncurkan bukunya berjudul Keeping Indonesia Safe from Covid-19 Pandemic.

Buku yang menggambarkan kisah Indonesia menghadapi pandemi Covid-19 diperkenalkan kepada Rektor Unsrat dan jajaran di aula lantai empat kantor Rektorat Unsrat.(ndo)

Baca juga: LKP The Sunshine College Berikan Pelatihan Bahasa Inggris bagi ASN Pemkot Manado

Baca juga: Baru Terungkap Alasan Nasdem Pilih Anies Baswedan sebagai Kandidat Capres Pada Pilpres 2024

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved