KKB Papua

KKB Papua Sudah Terpecah Belah, Jubir Sebby Sambom Sebut Panglima OPM Diklaim Dekat dengan Danrem

KKB Papua kini diduga telah terpecah belah. Ada dua kubu kombatan OPM. Panglima TNI disebut dekat dengan Danrem dan Kapolres.

Editor: Frandi Piring
Handout
KKB Papua Sudah Terpecah Belah, Jubir OPM Sebby Sambom Sebut Panglima OPM Damianus Magai Yogi Diklaim Dekat dengan Danrem. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Akhirnya pihak dari OPM kubu Juru Bicara Komnas Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat Organisasi Papua Merdeka ( TPNPB OPM ) Sebby Sambom, mengungkap kondisi KKB Papua yang saat ini telah terpecah belah.

KKB OPM kini diduga telah bermain dua kaki. Ada dua kubu kombatan OPM.

Sebby Sambom menyoroti pengakuan atas klaim Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia ( Komnas HAM ) RI, Ahmad Taufan Damanik, soal pertemuannya langsung dengan Panglima OPM di pedalaman.

Penjelasan dari Komnas HAM tersebut dibantah pihak kombatan, kubu Sebby Sambom.

Sebby Sambom mengatakan Komnas HAM tidak pernah menemui Panglima OPM.

Melainkan, yang ditemui adalah kelompok binaan TNI/Polri.

Sebby menyebut, pimpinan kombatan yang ditemui Ahmad Taufan Damanik itu adalah kelompok Damianus Magai Yogi, yang tidak lain Panglima OPM yang mencuat beberapa waktu lalu.

"Kami di Komando Nasional TPNPB tidak mengakui kelompok Damianus Magai Yogi dan mereka itu kelompok binaan TNI/Polri di Paniai," kata Sebby saat dihubungi melalui pesan singkat, Senin (Senin (19/9/2022).

Karena itu, Sebby menilai pengakuan dari Taufan Damanik adalah untuk pencitraan saja.

"Itu tidak benar dan pernyataan Ketua Komnas HAM RI Taufan Damanik ini hanya sebatas mengangkat citra Presiden RI Joko Widodo," imbuh dia.

Halaman
1234
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved