Kabar Gembira

Kabar Gembira, Ibu Hamil Kurang Mampu Bukan Peserta BPJS Kesehatan Dilindungi Jaminan Persalinan

Kabar Gembira, Ibu Hamil Kurang Mampu Bukan Peserta BPJS Kesehatan Dilindungi Jaminan Persalinan.

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Rizali Posumah
Tribun Manado/Fernando Lumowa
Kepala BPJS Kesehatan Manado, dr Merita Rondonuwu (kiri) didampingi Kabid SDM Umum dan Komunikasi Publik, Gladies Eman menjelaskan terkait Jampersal, Rabu (21/09/2022). 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kabar gembira bagi ibu hamil yang berasal dari kurang mampu.

Khususnya bagi ibu hamil ekonomi lemah atau dari keluarga kurang mampu.

Kini, BPJS Kesehatan menjamin persalinan ibu dari keluarga kurang mampu lewat Program Jampersal (Jampersal).

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Manado, dr Merita Rondonuwu menjelaskan hal ini sebagai implementasi UU Nomor 5 Tahun 2022 tentang Peningkatan Akses Pelayanan Kesehatan Bagi Ibu Hamil, Bersalin, Nifas dan Bayi Baru Lahir Melalui Jaminan Persalinan (Jampersal).

Kata Merita, Jampersal ini berlaku bagi ibu hamil dan bayinya yang belum terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Sehat Indonesia (JKN-KIS).

"Ketika misalnya ada ibu hamil mau melahirkan, dia belum punya BPJS Kesehatan, itu bisa dijamin lewat Jampersal," kata Merita kepada Tribunmanado.co.id, Rabu (21/09/2022).

Merita bilang, Jampersal hadir untuk meringankan beban ibu hamil dan keluarga kurang mampu. Tepatnya mereka yang belum terdaftar sebagai peserta JKN.

Meskipun demikian, setelah mendapatkan Jampersal, si ibu dan bayinya diusulkan sebagai peserta JKN KIS kategori Penerima Bantuan Iuran yang ditanggung pemerintah.

"Jampersal ini hadir untuk memberikan kepastian pelayanan terbaik kepada ibu hamil. Tujuannya menurunkan angka kematian ibu hamil dan bayi baru lahir," katanya.

Merita yang didampingi Kabid SDM Umum dan Komunikasi Publik, Gladies Eman menjelaskan, skema layanan Jampersal tak ubahnya peserta JKN-KIS.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved