Sulawesi Utara

Ardiles Mewoh Pindah ke Bawaslu, KPU Sulawesi Utara Siapkan Pengganti, Berikut Para Calonnya

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara, Ardiles Mewoh pindah ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Chintya Rantung
IST
Ardiles Mewoh terpilih sebagai anggota Bawaslu Sulawesi Utara Periode 2022-2027 (kanan) 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara, Ardiles Mewoh pindah ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Ardiles Mewoh terpilih sebagai anggota Bawaslu Sulut Periode 2022-2027.

Otomatis satu dari lima kursi Komisioner KPU Sulut bakal kosong.

Sesuai periodisasi, sisa masa jabatan Ardiles Mewoh di KPU Sulut akan berakhir pada 21 Mei 2023 atau masih ada sekitar 8 bulan masa jabatan.

Karena periodisasi belum berakhir maka posisinya akan digantikan.

Pakar Kepemiluan Universitas Sam Ratulangi, DR Ferry Daud Liando menjelaskan, menurut Pasal 34B (1) Peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Perubahan Keenam Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2018 Tentang Seleksi Anggota KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/Kota, bahwa Penggantian Antar Waktu Anggota KPU Provinsi yang berhenti, digantikan oleh Calon Anggota KPU Provinsi peringkat berikutnya sepanjang masih memenuhi syarat sebagai calon anggota KPU Provinsi.

Ferry Liando merinci berdasarkan surat dari KPU RI Nomor:511/PP.06Pu/05/KPU/V/2018 yang ditanda tangani Ketua KPU RI Arief Budiman, tertanggal 21 Mei 2018 menetapkan nama berdasarkan peringkat sebagai Komisioner KPU Sulut, yaitub ll Ardiles Mewoh menempati peringkat pertama, disusul Yessy Momongan, Lanny Ointu, Salman Saelangi dan Meidy Tinangon.

Sedangkan di peringkat selanjutnya yakni, Amrain Razak, disusul Christian Pangkey, Helti Massie, Deiby Londok dan Rully Halaa.

"Di urutan ke-6 adalah Amrain Razak, jika yang bersangkutan masih memenuhi syarat sebagai calon maka secara otomatis Razak akan dilantik menggantikan Ardiles," kata dia.

Ia menjelaskan, jika dalam hal verifikasi KPU RI yang bersangkutan tidak lagi memenuhi syarat maka yang akan menggantikan adalah calon yang berada di peringkat ke - 7.

Ia menyentil, salah satu unsur yang menyebabkan seorang calon tidak memenuhi syarat karena telah menjadi anggota partai politik.

Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara punya anggota baru.

Tiga Anggota Bawaslu yang baru saja terpilih yakni Ardiles Mewoh, Donny Rumagit dan Zulkifli Densi.

Ketiga nama ini terpilih setelah melalui serangkaian seleksi Anggota Bawaslu. Mereka akan bertugas untuk masa periode 2022-2027.

Usai nama mereka diumumkan, Bawaslu RI sudah menjadwalkan waktu pelantikan, agar secepatnya para Anggota Bawaslu yang baru segera bertugas. (ryo)

Baca juga: Akhirnya Terungkap Alasan Dibentuknya Dewan Kolonel di Fraksi PDI Perjuangan DPR, Loyalis Puan

Baca juga: Tiga Poin Perintah Presiden Jokowi Untuk Luhut Binsar Pandjaitan, Panglima TNI dan Menteri Juga Ikut

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved