Bolmong Sulawesi Utara

Mopuya Bolmong Sulawesi Utara Dicanangkan Sebagai Kampung Pancasila

Mopuya Bersatu pada Selasa (20/09), resmi dicanangkan sebagai kampung Pancasila yang diselenggarakan oleh Kodim 1303 Bolmong.

Penulis: Sujarpin Dondo | Editor: Chintya Rantung
Apin/Tribun Manado
Darmosinus saat menceritakan histori singkat desa Mopuya pada Deklarasi Pencanangan Kampung Pancasila 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Mopuya Bersatu pada Selasa (20/09), resmi dicanangkan sebagai kampung Pancasila yang diselenggarakan oleh Kodim 1303 Bolmong.

Mopuya Bersatu saat ini sudah dimekarkan menjadi 6 desa yakni desa Mopuya Selatan, Mopuya Selatan satu, Mopuya Selatan dua, Mopuya Utara, Mopuya Utara satu, dan Mopuya Utara dua, serta masuk dalam Kecamatan Dumoga Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong).

Histori berdirinya desa Mopuya Bersatu ini dalam Deklarasi Pencanangan Kampung Pancasila juga turut dibeberkan.

Darmosinus, salah satu tokoh adat dalam rangkaian pencanangan kampung Pancasila tersebut menceritakan bahwa Mopuya adalah salah satu desa yang menjadi tempat transmigrasi dari Pulau Jawa dan Bali.

"Pada Tahun 1972, desa ini dijadikan tempat tujuan transmigrasi yang pada saat itu keadaan serta kondisi wilayah belum terlalu maju seperti saat ini," ucapnya.

Dalam proses perpindahan penduduk tersebut, Darmosinus mengungkap bahwa ada 4 gelombang yang pindah dan bermukim di Mopuya.

"Gelombang yang pertama datang ke Bolaang Mongondow pada tanggal 19 September 1972 atau tepatnya 50 tahun lalu," ucapnya.

Transmigrasi Gelombang kedua dengan jumlah 200 Kepala Keluarga (KK) pada tanggal 10 Oktober 1973 yang berasal dari Banyuwangi, Bojonegoro, Kediri, Magetan, Pekalongan, Pati dan Semarang tiba di Bolaang Mongondow.

"Transmigrasi gelombang ketiga datang ke Bolaang Mongondow pada 14 Januari tahun 1974, berjumlah 100 Kepala Keluarga (KK) berasal dari Kediri dan Blitar," ucapnya mengenang.

Dan yang terakhir, gelombang transmigrasi keempat pada 28 Februari tahun 1974 dengan 100 KK berasal dari Bali tiba di Bolaang Mongondow.

Halaman
12
Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved