Bolmong Sulawesi Utara

Mopuya Bersatu Resmi Dideklarasikan Sebagai Kampung Pancasila, Ini Harapan Bupati Bolaang Mongondow

Mopuya Bersatu resmi dicanangkan sebagai Kampung Pancasila. Proses internalisasi Pancasila dinilai penting bagi generasi muda.

Penulis: Sujarpin Dondo | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/HO
Mopuya Bersatu, Kecamatan Dumoga Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, dicanangkan sebagai Kampung Pancasila, Selasa (20/9/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOLMONG - Mopuya Bersatu, Kecamatan Dumoga Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, dicanangkan sebagai Kampung Pancasila, Selasa (20/9/2022).

Pencanangan Mopuya Bersatu ini di selenggarakan oleh Kodim 1303/Bolmong di Desa Mopuya Selatan, Kecamatan Dumoga Utara.

Mopuya Bersatu diharapkan bisa menjadi role mode kehidupan yang penuh toleransi, saling menghargai, saling mendukung, serta saling menjaga baik keamanan dan kenyamanan bersama.

Hal ini diungkapkan oleh Penjabat Bupati Bolmong, Limi Mokodompit, usai pencanangan.

"Peresmian Kampung Pancasila untuk memberi pemahaman kepada masyarakat tentang keragaman suku agama dan budaya di negeri ini yang hanya bisa disatukan oleh Pancasila," ucapnya.

Lanjut Limi, Mopuya Bersatu merupakan desa pertama yang diresmikan sebagai Desa Pancasila di Kabupaten Bolmong.

Baca juga: Tak Banyak yang Tahu, Ini Segudang Manfaat Daun Kelor, Salah Satunya Ampuh Turunkan Kolesterol

Baca juga: Kamaruddin Simanjuntak: Ferdy Sambo Itu Banci Pengecut Bukan Kesatria yang Jerumuskan Orang Lain

"Masyarakatnya yang sangat majemuk terdiri dari beragam suku bangsa etnik dan budaya serta agama, tetapi sejak dahulu telah hidup berdampingan rukun dan damai sehingga nilai-nilai Pancasila serta makna Bhinneka Tunggal Ika dapat kita temukan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat desa di Mopuya Bersatu bahkan masyarakat di Kecamatan Dumoga Utara," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Limi berharap peresmian Kampung Pancasila pada hari ini merupakan sebuah pelajaran kepada generasi muda di Kabupaten Bolmong bahwa untuk berpegang teguh pada prinsip dan nilai-nilai luhur Pancasila.

Proses intepretasi internalisasi dan aktualisasi Pancasila akan membentuk pribadi yang cerdas dan unggul.

dicanangkan sebagai Kampung Pancasila, Selasa (20/9/2022).
Mopuya Bersatu, Kecamatan Dumoga Utara, Kabupaten Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara, dicanangkan sebagai Kampung Pancasila, Selasa (20/9/2022).

"Karena pengembangan budaya melalui Pancasila akan menghasilkan kecerdasan spiritual, pengembangan sosial akan menghasilkan kecerdasan emosional dan pengembangan ilmiah akan menghasilkan kecerdasan intelektual," tambah Limi.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved