Sitaro Sulawesi Utara

Bawaslu Kepulauan Sitaro Umumkan Pendaftaran Calon Anggota Panwascam Untuk Pemilu 2024

Bawaslu Kepulauan Sitaro telah membuka rekrutmen anggota Panwascam. Tahapan dilaksanakan pada 15-21 September 2022.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Isvara Savitri
Tribunmanado.co.id/Istimewa
Ketua Bawaslu Sitaro, Fidel Malumbot. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, SITARO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) bakal membentuk Panitia Pengawas di tingkat kecamatan atau Panwascam.

Langkah itu diambil menyusul bergulirnya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2024 sejak beberapa waktu lalu.

Rencana pembentukan badan Adhoc itu diketahui lewat jadwal pembentukan Panwascam dalam Pemilu serentak tahun 2024 sebagaimana Keputusan Ketua Bawaslu RI Nomor: 314/HK.01.00/K1/09/2022.

Ketua Bawaslu Sitaro, Fidel Malumbot, mengatakan sesuai jadwal yang ditetapkan Bawaslu RI, tahapan pengumuman dilaksanakan pada 15-21 September 2022.

"Tahapannya (pengumuman pendaftaran, -red) sejak kemarin, tapi kami baru mulai menyebarkan suratnya hari ini. Kemarin kami sudah umumkan lewat media sosial resmi Bawaslu Sitaro," kata Fidel, Jumat (16/9/2022).

Pengumuman pendaftatan calon anggota Panwascam dengan Nomor: 033/KP.01/K.SA-06/09/2022 itu memuat dua poin utama terkait persyaratan calon Anggota Panwascam serta dokumen-dokumen yang harus dilampirkan pada surat lamaran ke Bawaslu Sitaro.

Baca juga: Gempa Malam Jumat 16 September 2022, Baru Terjadi, Guncang Laut di Sitaro Sulawesi Utara

Baca juga: Kecelakaan Maut Dini Hari, Satu Orang Tewas, Sepeda Motor Tabrak Mobil yang Hendak Putar Balik

Guna optimalnya penyebarluasan informasi terkait pengumuman tersebut, Bawaslu Sitaro menggunakan beragam metode seperti halnya pemuatan lewat media massa, penyampaian melalui pemerintah daerah, pemerintah kecamatan hingga organisasi keagamaan.

"Selain memuat pengumuman lewat media massa, kami juga meminta bantuan kepada unsur pemerintah hingga organisasi keagamaan. Surat pengumumannya mulai disebar hari ini," ungkap Fidel.

Cara ini pula, sambung Fidel, menjadi tumpuan Bawaslu Sitaro agar informasi pendaftatan calon Anggota Panwascam tersebut bisa menjangkau wilayah-wilayah kepulauan seperti Tagulandang, Biaro hingga Makalehi.

Foto: Ketua Bawaslu Sitaro Fidel Malumbot. (Ist)
Ketua Bawaslu Sitaro, Fidel Malumbot.

"Kami juga akan membuka posko pendaftaran di wilayah Tagulandang dan Biaro agar proses pendaftaran nanti bisa berjalan maksimal," ujar Fidel.

Eks Kominisoner KPU Sitaro itu berharap, dengan berbagai metode penyebaran informasi pengumuman tersebut, proses penerimaan calon anggota Panwascam di Kabupaten Sitaro bisa berjalan sesuai dengan tahapan yang telah diatur.

Baca juga: Uniqlo Mulai Beroperasi di Manado Sulawesi Utara, Tawarkan Promo Spesial Selama 3 Hari

Baca juga: Wali Kota Manado Andrei Angouw Hadiri Opening Uniqlo di Manado Town Square

"Karena salah satu kunci utama suksesnya perekrutan anggota Panwascam ini juga terletak pada tahapan pengumuman. Makanya kami berharap informasi ini bisa tersampaikan secara masif ke seluruh lapisan masyarakat," kunci Fidel.(*)

  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved