Sitaro Sulawesi Utara

Penjelasan Event dan Peraturan Lomba Mancing Internasional di Pulau Biaro Sitaro Sulawesi Utara

Pemerintah menggelar lomba mancing internasional di wilayah Sulawesi Utara, tepatnya di perairan laut Kepulauan Likupang, Biaro

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Octavian Hermanses/Tribun manado
Kepala Dinas Kominfo Sitaro, Gandawari Mulalinda. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah menggelar lomba mancing internasional di wilayah Sulawesi Utara, tepatnya di perairan laut Kepulauan Likupang, Biaro Kabupaten Sitaro hingga Teluk Manado.

Ivent yang selanjutnya disebut Likupang Nort Sulawesi Interational Fisihing Competition atau LNSIFC ini akan bergulir pada 14-18 September mendatang.

Turnamen LNSIFC ini bersifat internasional yang menerapkan peraturan International Game Fish Association (IGFA) dan peraturan Catch Release.

Kegiatan yang bakal diikuti pecinta lomba mancing ini akan dibuka oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo yang juga menghadirkan Piala Presiden dengan total hadiah mencapai Rp 400 juta.

Berdasarkan Buku Panduan yang diterima tribunmanado.co.id, terdapat beberapa hal terkait peraturan turnamen ini seperti halnya peserta dibebaskan memilih cara mancing yang digunakan (Trolling, Drifting, Jigging, Casting, Poping, Bottom Fishing) asalkan tidak dilakukan dalam keadaan kapal atau perahu dijangkar.

Penggunaan piranti atau peralatan mancing dibebaskan, baik jumlah maupun ukurannya asalkan sesuai dengan ketentuan IGFA.

Pada prinsipnya semua peserta harus menggunakan Joran (Rod) dan Penggulung Kenurnya (Reel) dan tidak diperkenankan mancing secara Hand-Lining.

Maksimum kenur yang dizinkan adalah 130 lbs (60 kg) berbahan Monofilamen-Multifilamen maupun Superbride serta pemancing wajib membawa Set Tackle yang dipakai saat strike ikan timbang, dimana juri akan memeriksa piranti mancing tersebut apakah sudah sesuai dengan peraturan turnamen.

Setiap team wajib mendokumentasikan keseluruhan strike ikan timbang, mulai dari strike hingga di realese (khusus Marlin dan Layaran) atau diangkat (spesies lainnya).

Adapun video strike dikatakan sah apabila peserta strike menggunakan atribut dari panitia, saat strike tidak digantikan oleh pemancing lain, saat strike tidak dibenarkan menyandarkan joran/rod di kapal.

Seterusnya pada saat strike tidak dibenarkan menggunakan fighting chair (kursi hajar), strike hanya boleh menggunakan alat bantu gimbal dan body harnest, ikan masih dalam keadaan hidup saat direalese.

Tidak diperkenankan menggunakan reel elektrik/otornatis, pengambilan video dilakukan oleh rekan pemancing bukan pengawas serta ikan yang masuk kategori timbang adalah ikan dengan berat minimal 10 kg.

"Penjelasan ivent dan peraturan turnamen ini merupakan bagian dari panduan lomba mancing international yang dibagikan oleh panitia pelaksana," kata Kepala Dinas Kominfo Sitaro, Gandawari Mulalinda, Senin (12/9/2022). (HER)

Baca juga: BREAKING NEWS, Sopir Angkot di Kotamobagu Sulawesi Utara Tolak Instruksi Pindah ke Terminal Bonawang

Baca juga: Gempa Terkini Siang Ini Senin 12 September 2022, Baru Saja Guncang di Laut, Info BMKG Magnitudonya

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved