Bolmut Sulawesi Utara

Angka Penderita HIV/AIDS di Bolmut Sulawesi Utara Masih Tinggi, Sudah 2 Orang Meninggal

Angka Penderita HIV/AIDS di Bolmut Sulawesi Utara (Sulut) Masih Tinggi, Sudah 2 Orang Meninggal.

Penulis: Alpri Agogoh | Editor: Rizali Posumah
KOMPAS.COM
Ilustrasi HIV/AIDS - Angka Penderita HIV/AIDS di Bolmut Sulawesi Utara Masih Tinggi, Sudah 2 Orang Meninggal. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kasus penyebaran penyakit seksual yang disebabkan HIV dan AIDS di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), Sulawesi Utara masih tergolong tinggi. 

HIV adalah kepanjangan dari Human Immunodeficiency Virus dan AIDS adalah kepanjangan dari Acquired Immuno Deficiency Syndrome.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Bolmut mencatat dari Januari hingga September 2022 ada sebanyak 15 orang di Bolmut terjangkit HIV/AIDS.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinkes Bolmut, Febrianto Lumoto, SKM, saat ditemui Tribunmanado.co.id Rabu (7/9/2022) di ruangannya mengatakan, dari 15 kasus yang terjadi sepanjang tahun 2022 ini, 2 orang di antaranya sudah meninggal dunia. 

Sementara itu berdasarkan data di tahun 2021 tercatat juga ada 15 kasus. 

"Dari 15 kasus yang terjadi di tahun 2021, cuma 5 orang yang masih menjalani perawatan sampai sekarang. 

10 orang lainya sudah berpindah tempat tingal. Datanya juga, sudah kami kirim ke daerah tempat tinggal mereka sekarang,"ujar Lumoto. 

Lebih lanjut Ia mengurai, 5 orang yang terjangkit HIV/AIDS di tahun 2021 ini, sudah termasuk di data yang ada di tahun 2022 ini. 

"Sebenarnya untuk kasus baru di tahun 2022 ini cuma 12 orang.

Tetapi jika ditambahkan dengan 5 orang yang terjangkit di tahun 2021 dan di kurangi 2 orang yang sudah meninggal dunia di tahun 2022 ini, totalnya menjadi 15 kasus HIV/AIDS,"terangnya.

Ia menambahkan saat ini sudah ada 3 unit Puskesmas PDP (Pelayanan Dan Pengobatan) yang dikususkan untuk pemeriksaan dan penaganan HIV/AIDS yakni, Puskesmas Buko, Puskesmas Bintauna Pante, Puskesmas Boroko.

Lumoto juga mengimbau masyarakat Bolaang Mongondow Utara, untuk selalu berhati-hati dalam pergaualan dan jika dijumpai ada yang terjangkit HIV/AIDS segera melaporkan ke  Puskesmas terdekat.

Tiga Hari Menghilang, Warga Bolmong Sulawesi Utara Ditemukan Tim Gabungan Tak Bernyawa

Akhirnya Terungkap Reaksi Sule Saat Ditanya soal Sosok Calon Suami Nathalie Holscher, Beri Pesan Ini

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved