Sulawesi Utara

KPU Sulawesi Utara Update Data Pemilih Total 1.821.795 Orang, 17.680 Dinyatakan TMS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) terus meng-update Data Pemilih untuk Pemilu 2024.

Penulis: Ryo_Noor | Editor: Chintya Rantung
IST
Komisioner KPU Sulawesi Utara Lanny Ointu 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut) terus meng-update Data Pemilih untuk Pemilu 2024.

Instansi penyelenggara Pemilu ini melakukan Pemutakhiran Data Pemilih Berkelanjutan (PDPB) untuk periode Bulan Agustus melalui rapat pleno, di Aula Kantor KPU Sulut, Selasa (6/9/2022). 

Hasil pleno pemilih untuk periode Bulan Agustus 2022 berjumlah 1.821.795 pemilih.

Angka ini mengalami penurunan dibandingkan dengan PDPB periode Bulan Juli 2022 yang berjumlah 1.836.715 pemilih atau total 17.680 pemilih yang Tidak Memenuhi Syarat (TMS).

Komisioner KPU Sulut Lanny Ointu menyatakan, penurunan jumlah pemilih dalam PDPB ini telah melalui proses rekapitulasi oleh KPU di 15 kabupaten/kota se-Sulut.

Penyumbang terbesar angka TMS ini, karena adanya pemilih yang telah meninggal dunia, pindah domisili, dan peralihan status dari sipil ke TNI/Polri.

"Jumlah pemilih yang menurun ini paling banyak Tidak Memenuhi Syarat karena meninggal dunia, itu yang pertama. Yang kedua pindah domisili, dan yang ketiga adalah masyarakat status sipil yang beralih menjadi anggota TNI-Polri," ujar Ketua Divisi Data dan Perencanaan KPU Sulut ini.

Lanjutnya, total TMS ini ada di angka 17.680 dan yang paling banyak ada di Kota Manado, Kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Kepulauan Sangihe.

Lanny Ointu menambahkan untuk PDPB ini masih akan terus berlanjut hingga periode Oktober 2022, sebelum tahapan Pemutakhiran Data Pemilih dimulai pada 14 Oktober 2022. (ryo)

Baca juga: Rio Dondokambey Terpilih Masuk Central Committee Dewan Gereja Dunia, 6 Orang dari Indonesia

Baca juga: Terungkap Putri Sambo Diperiksa Lie Detector, Eks Jenderal: Tak Berguna Hasil Bisa Dimanipulasi

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved