Sinode GMIM

Pdt Arina-Pnt Maurits Sepakat Majukan Multimedia, Pnt Recky: Kami Siap Optimalkan Dodoku-Radio Sion

Komisi Kerja Multimedia Sinode memulai program kerjanya dengan melakukan roadshow ke Rayon Bitung, dengan menggelar beberapa agenda yakni

istimewa
Wali Kota Bitung, Pnt Maurits Mantiri saat memberikan sambutan di acara Roadshow Multimedia GMIM 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Komisi Kerja Multimedia Sinode memulai program kerjanya dengan melakukan roadshow ke Rayon Bitung, dengan menggelar beberapa agenda yakni IT Etalase GMIM, sosialisasi Multiplatform GMIM dan Pelatihan Jurnalistik serta Content Creative di Aula SH Sarundajang, Pemkot Bitung.

Kegiatan yang berlangsung secara hybrid ini dihadiri secara daring oleh Ketua Sinode GMIM, Pdt Dr Hein Arina P.hD. Kemudian Wali Kota Bitung, Pnt Maurits Mantiri MM yang juga Ketua P/KB Sinode GMIM, Wakil Ketua Sinode Bidang Data, IT dan Informatika, Pnt Recky Montong M.Th, Koordinator Bidang IT dan Informatika, Pdt Melky Tamaka S.Th, Ketua Komisi Kerja Multimedia Pnt Marlon Sumarauw, Wakil Ketua Pnt Aswin Lumintang dan Sekretaris Pnt Jemmy Saroinsong dan anggota Komisi Kerja Multimedia lainnya.

Roadshow Komisi Kerja Multimedia Sinode GMIM
Roadshow Komisi Kerja Multimedia Sinode GMIM (istimewa)

Pada kesempatan itu Ketua BPMS Sinode GMIM, Pdt Hein Arina mengatakan, saat ini merupakan era informasi dan digitalisasi. Karena itu, GMIM juga sebagai gereja yang melayani umat Tuhan harus berbenah dengan mengikuti perkembangan yang ada. ''Komisi Kerja Multimedia harus menjadi terdepan mendorong perkembangan GMIM di bidang telekomunikasi dan digital. Gereja harus merespons ini sehingga jemaat terlayani dengan baik dalam berbagai aspek, '' ujar Arina, Jumat (26/08/2022).

Ketua BPMS meminta Komisi Kerja Multimedia GMIM terus berinovasi dan berkreasi untuk menjawab tantangan perkembangan yang jaman.

Sementara itu, Wali Kota Bitung, Pnt Maurits Mantiri mengatakan, khusus di Bitung dia telah mencanangkan sebagai Kota Digital. ''Tujuannya apa? Tujuannya untuk mendorong kemajuan di bidang komunikasi dan digitalisasi baik di masyarakat maupun pemerintahan Kota Bitung, '' ujarnya.

''Kan ndak lucu kalau saya bilang Bitung 'Kota Onde-Onde', '' ujarnya bercanda.

Penatua Maurits juga mengatakan, sebagai Ketua P/KB Sinode GMIM, dia telah merancang agar semua data jumlah gereja, Ketua P/KB Jemaat dan wilayah serta lainnya terdata secara online. ''Memang saya akui belum optimal, masih ada beberapa kekurangan tetapi kita sudah memulai, '' ujarnya meyakinkan.

Sedangkan Wakil Ketua Sinode GMIM Bidang Data, IT dan Informatika Pnt Recky Montong MTH mengatakan, pihaknya akan terus membenahi dan mengoptimalkan data warga GMIM secara online. ''Saat ini kita terus memperbaiki update data warga GMIM, sehingga kita bisa mengetahui potensi jemaat serta tantangan yang ada dalam pelayanan, '' ujar pria yang akrab disapa Pena Kiki.

Dia juga mengatakan, roadshow Komisi Kerja Multimedia Sinode GMIM ini merupakan bagian dari upaya mengoptimalkan aset GMIM berupa online Dodoku dan Radio Sion serta pengembangan lainnya. ''Keberadaan Komisi Kerja Multimedia ini bertugas memacu media GMIM, sehingga bisa bersaing dan menjawab tantangan era komunikasi dan digital, '' ujarnya.

Pnt Recky mengatakan, pihaknya telah merekrut sumber daya terbaik di bidang komunikasi dan telekomunikasi. Kami berharap ini dapat membantu menjadikan aset GMIM di bidang telekomunikasi dan digital menjadi lebih baik.

Pelatihan Jurnalistik

Kegiatan roadshow Multimedia di Kota Bitung ini ikut diisi dengan pelatihan jurnalistik yang diawali oleh Pnt Marlon Sumarauw yang memberikan pengantar terkait kegiatan yang akan dilakukan Tim Multimedia.

Kemudian dilanjutkan oleh Pnt Aswin Lumintang yang memberikan materi terkait garis-garis besar yang harus diketahui oleh seorang jurnalis atau sekadar menjadi pembaca yang memahami berita.

Pelatihan Jurnalistik oleh Komisi Kerja Multimedia Sinode GMIM
Pelatihan Jurnalistik oleh Komisi Kerja Multimedia Sinode GMIM (istimewa)

Untuk menjadi seorang wartawan harus memahami apa itu berita, cara menulis berita, jenis-jenis berita, struktur berita dan lainnya.

Sedangkan Yinthze Lynvia Mandey mengatakan, saat ini banyak sekali berita bohong (hoax) yang menyebar di masyarakat terutama melalui media sosial.

Ikut memberikan materi Pnt Maxi Sidayang terkait cara membuat berita dengan memahami pola dasar pembuatan berita, Pdt Ginna Worotijan-Budiman M.Th memperkenalkan media online Dodoku dan meminta yang hadir untuk masuk melalui aplikasi dan Andria, yang memberi materi terkait content creator.

Kegiatan ini diikuti seluruh Ketua BPMW se-Rayon Bitung, Ketua BPMJ se-Rayon Bitung dan utusan Komisi Multimedia GMIM Jemaat se-Rayon Bitung.

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved