Sitaro

Sosok Ipda Yaski Malado, Komandan Paskibraka Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara Tahun 2022

Keberhasilan Paskibraka yang di dalamnya terdapat personel TNI dan Polri tak lepas dari peran Komandan Paskibraka (Danpas), Ipda Yaski Malado.

(Vian Hermanses/tribunmanado.co.id)
Komandan Paskibraka Sitaro Ipda Yaski Malado. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) sukses melaksanakan tugas mengibarkan Bendera Merah Putih.

Ke 34 pelajar utusan SMA/SMK se-Sitaro itu mencapai sukses dalam tugas dan tanggung jawab mereka setelah Bendera Merah Putih berkibar sempurna pada upacara peringatan HUT-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Sitaro.

Keberhasilan Paskibraka yang di dalamnya terdapat personel TNI dan Polri tak lepas dari peran Komandan Paskibraka (Danpas), Ipda Yaski Malado.

Perwira polisi kelahiran Talaud 7 Desember 1975 itu berhasil memimpin Paskibraka dalam mengibarkan Bendera Merah Putih pada upacara yang berlangsung di Lapangan Batahi Ondong Kecamatan Siau Barat.

Suami dari Herjelista Homenta itu mengawali karir di Korps Tribrata setelah lulus dalam penerimaan Tamtama Polri tahun 2007 dan menjalani tugas perdana pada Satuan Brimob Polda Jawa Timur.

11 tahun mengabdi di Polda Jatim, Malado akhirnya kembali ke daerah asal tepatnya di Polda Sulawesi Utara dan berlanjut ke Polres Kota Bitung.

Menyelesaikan pendidikan pada Sekolah Inspektur Polisi (SIP) dan menyandang pangkat Inspektur Dua, Malado lantas berpindah tugas ke Polres Kepulauan Sitaro.

Tak lama kemudian, polisi bersahaja itu dipercayakan menjabat sebagai PS Kanit Sampta pada Polsek Siau Barat Polres Kepulauan Sitaro.

Terpilih menjadi Komandan Paskibraka Kabupaten Sitaro tahun 2022, Malado harus melalui tahapan seleksi, termasuk tes suara dalam memberikan komando.

"Ikut tes. Salah satunya tes suara karena menjadi Danpas kan harus memberikan aba-aba dengan kekuatan suara yang baik," kata Malado kepada tribunmanado.co.id, Rabu (17/8/2022).

Melihat kesuksesan Paskibraka dalam melaksanakan tugas pengibatan bendera pada upacara peringatan Hari Kemerdekaan 17 Agustus di Sitaro, Ayah tiga anak itu mengaku bersyukur.

"Tentu ini berkat kasih dan pertolongan Tuhan sehingga tugas kami Paskibraka bisa terlaksana dengan baik. Selain itu, kerja sama tim juga jadi salah satu kunci sukses," ujarnya.

Kepada para pelajar yang tergabung dalam Paskibraka Tahun 2022, Malado berpesan agar tetap giat dalam belajar serta semangat dalam menggapai cita-cita.

"Paskibraka ini menjadi salah satu pijakan bagi adik-adik dalam melanjutkan pendidikan dan meraih cita-cita kedepan. Pengalaman yang didapat dalam pelatihan ini menjadi bekal yang sangat berharga," kuncinya. (HER)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved