Talaud

Bupati Talaud Elly Lasut Mengikuti Upacara Tabur Bunga dalam Rangka HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Bupati Kepulauan Talaud dr Elly Engelbert Lasut bersama Forkopimda melaksanakan Upacara Tabur Bunga.Kegiatan tersebut dalam rangka HUT ke-77 RI.

Penulis: Ivent Mamentiwalo | Editor: Handhika Dawangi
Tribun Manado/Ivent Mamentiwalo
Upacara Tabur Bunga yang dilaksanakan di Laut Talaud Sulawesi Utara. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Bupati Kepulauan Talaud dr Elly Engelbert Lasut bersama Forkopimda melaksanakan Upacara Tabur Bunga.

Kegiatan tersebut dalam rangka HUT ke-77 RI.

Sebagai bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur di medan perang dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Upacara tabur bunga yang dilaksanakan di depan Aula Wanala T2 dan diikuti oleh seluruh kepala dinas serta anggota TNI Polri.

Upacara tabur bunga ini dilaksanakan usai pelaksanaan Upacara Bendera Dalam satu rangkaian hari kemerdekaan ke-77 RI Tahun 2022. 

Bupati dr Elly Engelbert Lasut mengatakan agenda tersebut untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang mengorbankan jiwa dan raga mereka demi nusa dan bangsa.

Suasana Momen HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Talaud Sulawesi Utara.

Suasana Momen HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Talaud Sulawesi Utara. (Tribun Manado/Ivent Mamentiwalo)

Bupati juga menambahkan dimana pada kesempatan ini pemerintah kabupaten kepulauan Talaud terus bersinergi dalam pengembangan kemajuan daerah terlebih khusus daerah perbatasan.

"Dengan sinergitas yang terjalin dengan baik selama ini antara TNI Polri dan pemerintah Kabupaten sangat membantu kemajuan daerah terutama di kabupaten kepulauan Talaud.

Dengan semangat kemerdekaan mari kita sebagai generasi penerus bangsa untuk tetap meneruskan kemerdekaan yang telah diraih bangsa Indonesia.

Diharapkan kita tetap bersatu, bekerja sama, menunjukan semangat juang yang tinggi, rela berkorban, gotong royong, sebagaimana yang telah kita tunjukan selama dua tahun lebih melawan pandemi.

Kita diharapkan mampu mewarisi semangat juang para Pahlawan, dalam keseharian kehidupan, dalam melakoni peran, dan dalam melanjutkan cita-cita kemerdekaan, menuju kemajuan dan kemakmuran,'" ujar bupati. 

HUT Kemerdekaan tahun ini mengusung tema "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat" yang mengartikan bahwa seluruh bangsa Indonesia harus sama-sama memulihkan kondisi secara lebih cepat, bangkit lebih kuat, untuk mencapai tujuan bersama.

Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat, mengisyaratkan bahwa seluruh komponen bangsa, semua stakeholders pembangunan, harus dapat mencerminkan rasa optimis, bersinergi, tegas dan lugas dalam menghadapi tantangan, serta tetap berada dalam satu lajur, bergerak bersama dalam memperbaiki kondisi di tengah kehidupan berbangsa dan bernegara.

Semangat untuk bangkit lebih kuat, penting! Lebih-lebih dalam mendukung sejumlah agenda akbar yang akan dilaksanakan di Indonesia, seperti G20.

Indonesia dipercayakan sebagai tuan rumah G20, bahkan Sulawesi Utara turut berkontribusi dalam rangkaian kegiatannya. Tentu, sebagai penghubung antar bangsa lewat presidensi Indonesia di G20, kita semua, bangsa Indonesia, memiliki tugas mempersatukan suara negara-negara maju, untuk berkontribusi menyelesaikan berbagai isu dan tantangan yang sedang dan berpotensi dihadapi dunia, seiring dengan keterbukaan bangsa Indonesia dalam perannya di tingkat global, bergerak secara bebas dan aktif, dalam pemulihan kondisi dunia.

Semangat untuk bangkit lebih kuat, juga sejalan dengan apa yang pernah dipesankan Presiden Pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno.

Sang Proklamator pernah mengatakan:

"Jika kita memiliki keinginan yang kuat dari dalam hati, maka seluruh alam semesta akan bahu membahu mewujudkannya.

Karena hanya bangsa yang berani mengambil nasib dalam tangan sendiri, akan dapat berdiri dengan kuat.

Oleh karena itu, bangunlah suatu dunia dimana semua bangsanya hidup dalam damai dan persaudaraan".

Melalui momentum peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan ini, mari kita refleksikan semangat perjuangan, semangat para Pahlawan yang telah memperjuangkan Kemerdekaan Indonesia, jiwa-jiwa heroik, jiwa-jiwa patriotik para Pendahulu,

Semangat berjuang bersama yang telah kita tunjukan dalam memerangi dan membuat pandemi terkendali.

Mari kita refleksikan dan terus genggam erat nilai-nilai persatuan, berpegangan pada nilai-nilai Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika. Mari kita mantapkan tekad, bersatu untuk pulih lebih cepat, gairahkan diri untuk bangkit, membangun kekuatan, kekuatan dalam menggapai (tujuan-tujuan) yang bermuara pada kemajuan bersama. (Iv)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved