Minahasa Sulawesi Utara

Sebanyak 261 Napi di Lapas Tondano Minahasa Sulawesi Utara Dapat Remisi di HUT ke 77 Kemerdekaan RI

261 Narapidana di Lapas Tondano Minahasa Sulawesi Utara Dapat Remisi di HUT ke 77 Kemerdekaan RI

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Mejer Samuel
Sebanyak 261 Narapidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano Minahasa Sulawesi Utara mendapatkan Remisi di Peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI, pada Rabu (17/8/2022). 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Sebanyak 261 Narapidana (Napi) di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Tondano Kemenkumham mendapatkan Remisi di Peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan RI, pada (17/8/2022).

Pemberian remisi umum bagi 261 orang Napi tersebut dilaksanakan di Kantor Lapas Kelas IIB di Kelurahan Papakelan, Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara.

"Remisi umum adalah pengurangan hukuman yang diberikan pada saat peringatan hari-hari besar, termasuk kemerdekaan RI kepada narapidana," kata Kalapas Kls IIB Margono A Md.IP ,SH, MH kepada Tribunmanado.co.id, Rabu (17/8/2022).

Lanjut Kalapas Margono menyebut, pemberian remisi ini merupakan wujud negara hadir dengan memberikan penghargaan atas segala pencapaian positif bagi narapidana.

Karena telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

"Pemberian remisi tidak hanya sebagai bentuk pembinaan, tapi sebagai instrumen dan wahana untuk meningkatkan perilaku serta telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif," jelas Margono

Di antaranya, kata dia, harus berkelakuan baik atau tidak terdaftar pada buku catatan pelanggaran disiplin narapidana (Register F)

"Kemudian mereka telah menjalani pidana minimal enam bulan dan tiga bulan bagi anak, serta aktif mengikuti program pembinaan di Lapas/LPKA/Rutan," terang Kalapas.

Diketahui, dari total 261 narapidana penerima remisi meliputi remisi umum satu atau masih menjalani sisa pidana, setelah mendapat remisi umum dan remisi 2.

Di hari kemerdekaan RI ini yang mendapatkan remisi berjumlah 260 orang, sementara remisi dua atau langsung bebas hanya 1 orang.

Dengan kualifikasi pidana, Narkoba 38 orang, Trafficking 1 orang,  perlindungan anak 117 orang,  pembunuhan 52 orang,  pidana lain 53 orang. (Mjr)

Nasib Seorang Wanita Pingsan Usai Alami Kecelakaan Lalu Dilecehkan Pemotor, Korban Meninggal Dunia

Dapat Remisi HUT Kemerdekaan, Asmawati WBP Lapas Perempuan Manado Sulawesi Utara Bebas: Merdeka

 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved