Sitaro Sulawesi Utara

37 Narapidana Lapas Kelas II B Ulu Siau Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara Terima Remisi Umum

Sebanyak 37 Narapidana Lapas Kelas II B Ulu Siau Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara Terima Remisi Umum

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Penyerahan SK Pemberian Remisi oleh Sekretaris Daerah Denny Kondoj kepada perwakilan narapidana Lapas Kelas II B Ulu Siau, Sitaro, Sulawesi Utara. 

Manado, TRIBUNANADO.CO.ID - Sebanyak 37 Narapidana Lapas Kelas II B Ulu Siau Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, mendapatkan remisi umum.

Pengurangan masa hukuman yang didasarkan ketentuan perundang-undangan itu diberikan sehubungan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 tahun.

Pemberian remisi itu berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: PAS-1268.PK.05.04 Tahun 2022 Tentang Pemberian Remisi Umum.

Data yang didapati tribunmanado.co.id mencatat, besaran remisi yang diterima para Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas II B Ulu Siau bervariatif.

Mulai dari dua bulan kepada delapan narapidana, tiga bulan kepada tujuh narapidana, empat bulan kepada sembilan narapaidana, lima bulan kepada 12 narapidana dan enam bulan kepada satu narapidana.

Penyerahan Surat Keputusan tetang pemberian remisi yang berlangsung di lapangan Lapas Kelas II B Ulu Siau itu diawali dengan upacara bendera dalam rangka peringatan HUT ke-77 Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Dalam upacara tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro Denny Kondoj tampil sebagai Inspektur Upacara sekaligus menyerahkan secara simbolis SK Pemberian Remisi kepada dua orang perwakilan narapidana.

Kesempatan itu, Sekretaris Daerah Denny Kondoj membacakan sambutan tertulis Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, Yasona Laoly.

"Pemberian remisi kepada WBP merupakan sebuah bentuk apresiasi dan penghargaan bagi WBP yang telah berkomitmen mengikuti program-program pembinaan yang diselenggarakan oleh unit teknis pemasyarakatan," kata Kondoj, mengutip sambutan tertulis Yasona Laoly.

"Bagi WBP yang mendapatkan remisi pada hari ini, manfaatkan moment ini sebagai sebuah motivasi untuk tetap berperilaku baik.

taat pada aturan dan mengikuti program pembinaan dengan tekun dan bersungguh-sungguh," lanjutnya.

Dalam sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia itu juga diketahui narapidana se-Indonesia yang memperoleh remisi umum pada momentum HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini, yakni mencapai 168.916 orang.

Dari jumlah tersebut tercatat sebanyak 166.191 orang mendapat remisi Remisi Umum I atau pengurangan masa hukuman sebagian dan 2.725 orang mendapat Remisi Umum II atau langsung bebas.

Hadir dalam upacara dan penyerahan SK Pemberian Remisi tersebut antara lain sejumlah unsur Forkopimda, Kepala Lapas Kelas II B Ulu Siau Stady Umbo bersama jajaran pejabat utama.

Hadir pula Anggota DPRD Sitaro Hardi Tatodi serta beberapa pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Sitaro. (HER)

Kabar Roy Kyoshi Pasca Sakit Jantung, Divonis Usia Tinggal Dua Tahun dan Minum Obat Seumur Hidup

Akhirnya Terungkap Ferdy Sambo Menelepon Usai Bunuh Brigadir J lalu Beri Info Salah ke Kapolri

Vonnie Panambunan Ceria di Dalam Rutan Manado Sulawesi Utara: Pantang Mundur dan Tetap Semangat

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved