PLN

Dukung KEK Pariwisata Likupang, PLN Bangun Jaringan Transmisi 150 kV

PT PLN (Persero) Unit  Induk Pembangunan Sulawesi kini tengah fokus membangun Infrastruktur Ketenagalistrikan di Sulawesi Utara

Penulis: Fernando_Lumowa | Editor: Chintya Rantung
PLN UIP
Pertemuan jajaran PLN UIP Sulawesi dan Wakil Gubernur Sulawesi Steven Kandouw, belum lama ini 

TRIBUNMANADO.CO.ID - PT PLN (Persero) Unit  Induk Pembangunan Sulawesi kini tengah fokus membangun Infrastruktur Ketenagalistrikan di Sulawesi Utara.

Salah satunya, jaringan transmisi Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) 150 kV Likupang-Paniki.

SUTT ini punya peran sentral nantinya untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan yang ada di Kota Manado dan Kabupaten Minahasa Utara.

Manager PLN Unit Pelaksana Proyek Sulawesi Utara (UPP Sulut), Ndaru Seto Widiatmoko mengatakan, PLN sedang berupaya menyelesaikan pembangunan SUTT 150kV Likupang-Paniki yang terbentang dari Likupang di Kabupaten Minahasa Utara sampai ke Paniki di Kota Manado.

“Saat ini PLN sedang membangun jaringan transmisi SUTT 150 kV Likupang - Paniki yang terbentang sepanjang 29,57 kilometer sirkit (kms) dengan jumlah tower sebanyak 88 tower yang diharapkan dapat beroperasi pada akhir tahun 2022 ini” ujar Ndaru kepada Tribunmanado.co.id, Jumat (12/08/2022).

Ia menjelaskan, infrastruktur ini dibangun untuk meningkatkan keandalan sistem kelistrikan yang ada di Sulawesi Utara khususnya Manado dan Minahasa Utara.

Ditambah lagi kegiatan pariwisata di kawasan Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Likupang terus berkembang.

Karena itu PLN berkomitmen untuk menyediakan pasokan listrik yang andal.

"Tentunya dengan dukungan dari seluruh stakeholder serta masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara,” lanjutnya.

Diketahui, Likupang merupakan satu dari lima daerah terpilih sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) yang dicanangkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Untuk itu Pemerintah Provinsi Sulawesi utara mendukung penuh PLN dalam penyelesaian pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan tersebut.

Hal itu dinyatakan Wakil Gubernur Provinsi Sulawesi Utara, Steven Kandouw pada kegiatan audiensi bersama PLN yang diadakan beberapa waktu lalu.

“Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara tentunya mendukung suksesnya pembangunan jaringan transmisi Likupang - Paniki yang sedang dikerjakan oleh PLN” ujar Kandouw waktu itu.

Ia menambahkan dengan adanya infrastruktur ini dapat mendorong perekonomian khususnya melalui kegiatan pariwisata yang ada di DPSP Likupang yang berstatus Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

"Tersedianya listrik yang andal akan sangat mendukung pengembangan DPSP Likupang, hal itu akan berdampak pada perekonomian yang ada di Sulawesi Utara.” pungkasnya

Secara keseluruhan progres pembangunan SUTT 150 kV Likupang-Paniki sudah mencapai 58,54 persen.(ndo)

Baca juga: Sinergi WIKA dengan WIKA Realty dalam Penghijauan Kawasan Tamansari Metropolitan Manado Sulut

Baca juga: BP2MI Sulawesi Utara Gandeng RSUD ODSK Jadi Tempat Pemeriksaan Kesehatan Calon Pekerja Migran

 

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved