Sitaro Sulawesi Utara

Sosok Denny Kondoj, ASN yang Baru Dilantik Menjadi Sekretaris Daerah Kabupaten Sitaro Sulawesi Utara

Kiprah Denny Kondoj dalam dunia Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga akhirnya dipilih Bupati Evangelian Sasingen menjadi Sekretaris Daerah.

Istimewa
Bupati Evangelian Sasingen saat mengambil sumpah dan janji kepada Denny Kondoj sebagai Sekretaris Daerah. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, Manado - Catatan sejarah baru dalam dunia birokrasi Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Sulawesi Utara terukir.

Sejarah ini tercipta setelah Bupati Kepulauan Sitaro Evangelian Sasingen melantik Denny Kondoj menjadi Sekretaris Daerah pada Rabu 10 Agustus 2022.

Mantan Asisten III Sekda itu pun menjadi Sekretaris Daerah ke-7 dalam lingkup Pemerintahan Kabupaten Sitaro pasca dimekarkan dari Kabupaten Kepulauan Sangihe 15 tahun lalu.

Lantas bagaimana kiprah Denny Kondoj dalam dunia Aparatur Sipil Negara (ASN) hingga akhirnya dipilih Bupati Evangelian Sasingen menjadi Sekretaris Daerah?

Data yang diperoleh tribunmanado.co.id mencatat, suami dari Pricilya Bawole itu merupakan pria kelahiran Lansot 10 Desember 1968.

Sekda Denny Kondoj bersama istri dan ketiga anaknya.
Sekda Denny Kondoj bersama istri dan ketiga anaknya. (Istimewa)

Lulusan APDN tahun 1991 (sekarang IPDN) itu mengawali karirnya sebagai ASN di Pemerintah Kota Bitung Sulawesi Utara sebagai Kepala Sub Bidang Penelitian pada Bappeda Kota Bitung sejak 2001.

Setahun kemudian, karir dari ayah tiga anak ini menanjak dengan menempati posisi Kepala Bidang Penelitian pada Bappeda Kota Bitung.

Pada 2003, pejabat murah senyum itu dipercayakan menjabat sebagai Kepala Bagian Pemerintahan dan Humas Setda Kota Bitung.

Selanjutnya, Kondoj ditempatkan pada posisi Camat Bitung Tengah sebelum akhirnya dia menyelesaikan karirnya di Kota Bitung sebagai Sekretaris Dinas Pendapatan Daerah pada 2006-2007.

Bergabung ke Pemkab Sitaro pasca pemekaran, lulusan SDN Lansot ini diberikan tanggung jawab sebagai Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sitaro.

Karinya melejit ke tingkatan eselon II setelah dilantik menjadi Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sitaro pada tahun 2009.

Kualitas kinerja kerja yang ditunjukan pria lulusan SMP Tareran ini menghentarnya menjadi Inspektur Daerah Kabupaten Sitaro pada 2014-2017.

Bahkan di selang waktu tersebut, alumni SMA 2 Manado itu sempat menjabat sebagai Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) Kabupaten Sitaro.

Di 2017, jebolan UNPAD Bandung itu diangkat menjadi Asisten III Sekda sampai akhirnya masuk dalam lima nama peserta Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) Sekretaris Daerah.

Mengikuti serangkaian seleksi yang bergulir sejak Maret 2022, Kondoj akhirnya masuk dalam tiga besar kandidat Sekda dan akhirnya dilantik pada 10 Agustus 2022. (HER)

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved