Sitaro Sulawesi Utara

Pemkab Sitaro Sulawesi Utara Dukung Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan program nasional pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di seluruh Indonesia.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Vian Hermanses/tribunmamado.co.id
Pembagian Bendera Merah Putih secara simbolis kepada perwakilan ASN 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaksanakan program nasional pembagian 10 juta Bendera Merah Putih di seluruh Indonesia.

Program ini pun menuai dukungan seluruh jajaran pemerintah daerah di Indonesia, termasuk Pemerintah Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro) Sulawesi Utara.

Dimana sejak awal pekan ini, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sitaro gencar membagi-bagikan Bendera Merah Putih di seluruh wilayah Sitaro.

"Kegiatan pembagian Bendera Merah Putih ini dalam rangka menyemarakan HUT ke-77 Proklamasi Republik Indonesia," kata Kaban Kesbangpol Sitaro, Jacson Baginda, Selasa (9/9/2022).

Guna mensukseskan gerakan nasional yang digagas Direktorat Jenderal Politik & Pemerintahan Umum (Pol & PUM) Kemendagri ini, pemerintah daerah telah membagikan Bendera Merah Putih kepada berbagai kalangan.

"Pencanangan sudah dilakukan kemarin saat pelaksanaan lomba gerak jalan. Dan kami memulai dari internal pemerintah daerah seperti kendaraan-kendaraan dinas sampai ke masyarakat umum," ungkap Baginda.

Tak sebatas kegiatan seremonial, Baginda berharap pembagian Bendera Merah Putih ini bisa dimaknai sebagai momentum untuk memupuk rasa cinta dan bangga terhadap negara Indonesia.

"Setelah pembagian, kami pun akan turun melakukan pengecekan untuk memastikan bendera-bendera yang dibagikan ini dipasang," ujarnya.

Sebelumnya Kemendagri telah mengimbau gubernur dan bupati/wali kota untuk mendukung Gerakan Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih.

Hal itu sebagaimana isi surat nomor 003.1/4397/SJ yang ditandatangani Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Suhajar Diantoro.

Dalam surat itu dijelaskan, gerakan ini dilandasi pemikiran bahwa bendera merah putih merupakan identitas, simbol, dan alat pemersatu masyarakat Indonesia, yang selama bulan kemerdekaan akan berkibar di seluruh wilayah Indonesia.

Pemerintah daerah diimbau untuk melibatkan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan pimpinan instansi lainnya, serta menugaskan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik sebagai koordinator pelaksanaan.

Gerakan pembagian 10 juta Bendera Merah Putih ini dilaksanakan dengan menggalang partisipasi dan swadaya masyarakat, baik secara pribadi, kelompok, organisasi kemasyarakatan, unsur pemerintahan, maupun swasta. (HER)

Baca juga: Polisi Dibantu Warga dan Babinsa Evakuasi Jenazah Max Ampow Warga Desa Elusan Minsel Sulawesi Utara

Baca juga: Kapolri Jenderal Listyo Buktikan Janjinya: Kalau Tak Mampu Bersihkan Ekor, Kepalanya Saya Potong

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved