Bolmut Sulawesi Utara

Dispar Bolmut Sulawesi Utara Optimis Dorong Sektor Pariwisata

Potensi pariwisata yang ada di Bolmut terus dikembangkan dan dijaga, baik potensi dari sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

Penulis: Alpri Agogoh | Editor: Chintya Rantung
Dokumentasi Tribun Manado
Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bolmut Mohamad Noh Djarumia. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondw Utara (Bolmut) melalui Dinas Pariwisata terus berupaya mengembangkan sektor pariwisata di Bolmut.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Bolmut Moh. Noh Djarumia, kepada Tribunmanado.co.id, Selasa (09/08/2022).

Dikatakanya, potensi pariwisata yang ada di Bolmut terus dikembangkan dan dijaga, baik potensi dari sumber daya alam maupun sumber daya manusia.

"Potensi yang ada sekarang harus tetap dijaga dan dikembangkan. Hendaknya terus diberikan pembinaan dan keterampilan mengenai sistem manajemen pengelolaan sebuah destinasi wisata," atanya.

Ia mengatakan hal itu perlu dilakukan, mengingat dalam dua tahun terakhir ini, akibat pandemi Covid-19 terdapat banyak keterbatasan-keterbatasan aktivitas pariwisata.

"Sudah saatnya kita bangkit mengambil peran masing-masing, baik dari kalangan akademisi, birokrasi, mitra usaha, asosiasi dan media masa untuk memperkuat kembali kemitraan, kolaborasi dan sinegritas dalam mendorong pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara," ujarnya.

Selain itu menurutnya, dalam upaya pengembangan destinasi wisata juga tidak terlepas dari keterlibatan masyarakat sekitar tempat wisata.

"Masyarakat menjadi salah satu kunci utama keberhasilan dalam mengembangkan pariwisata," terangnya.

Terlebih, lanjutnya, peran masyarakat antara lain sebagai motor pengerak industri pariwisata.

Dikatakanya, apabila masyarakat betul-betul diberdayakan dalam suatu destinasi wisata dan ada manfaat positif, maka rasa memiliki akan muncul untuk menjaga dan merawat objek wisata tersebut.

Ia berharap kedepanya, untuk pengembangan objek wisata yang ada di Bolaang Mongondow Utara dapat dikelolah dan ditata lebih baik lagi agar para pengunjung merasa lebih aman dan nyaman.

"Sehingga menambah daya tarik dari wisatawan, baik wisatawan lokal hingga luar daerah," tutupnya.

Baca juga: Akhirnya Terungkap Dugaan Cita Citata Dilamar Didi Mahardika, Cincin di Jari Manis Jadi Bukti

Baca juga: Akhirnya Terungkap Alasan Bharada E Tak Tolak Perintah Atasan Tembak Brigadir J, Pengacara Sebut Ini

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved