Boltim Sulawesi Utara

Bupati Boltim Sulawesi Utara Dampingi Sultan Ternate ke-49 Berkunjung ke Desa Matabulu Nuangan

Sultan Ternate ke 49, Hidayatullah Sjah bersama istri tercinta, didampingi oleh Bupati Boltim berkunjung ke Desa Matabulu

Ist
Sultan Ternate ke 49, Hidayatullah Sjah bersama istri tercinta, beserta rombongan perangkat kesultanan, di dampingi oleh Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto, berkunjung ke Desa Matabulu Kecamatan Nuangan 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Upaya pemerintah daerah untuk mengangkat kembali adat dan budaya, atau kearifan lokal sebagai jati diri suatu daerah, terus dilakukan oleh Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto.

Amatan Tribunmanado.co.id, Sultan Ternate ke 49, Hidayatullah Sjah bersama istri tercinta, beserta rombongan perangkat kesultanan, di dampingi oleh Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto, berkunjung ke Desa Matabulu Kecamatan Nuangan, Kamis (4/8/2022).

Di Desa Matabulu tepatnya dilokasi kegiatan, yakni di lapangan Desa Matabulu, Bupati dan Sultan Ternate, dijemput secara adat dan diiringi Tarian Tuitan, atau tarian adat Bolaang Mongondow.

Adapun tujuan ke Desa Matabulu, yaitu dalam rangka ingin bersilaturahmi dengan warga Desa Matabulu keturunan Maluku, sekaligus mengukuhkan perangkat adat orang keturunan Maluku Utara, sekaligus memperkuat kebudayaan Bolaang Mongondow dan Ternate.

Bupati Bolaang Mongondow Timur, Sam Sachrul Mamonto, dalam sambutan mengatakan, tentu selaku kepala daerah (bupati), ini adalah sebuah momen kebanggaan, karena hari ini kita kedatangan tamu agung dari kesultanan Ternate, ucapnya.

Sejarah Bolaang Mongondow juga tak pernah lepas dari kesultanan Ternate, itu terjadi ketika Raja Bolaang Mongondow Raya pada waktu itu sering membuka komunikasi dan hubungan yang baik dengan kesultanan Ternate, tambahnya.

“Sejak dahulu raja-raja Bolaang Mongondow sering bepergian ke kesultanan Ternate untuk membina hubungan yang baik sesama kerajaan. Alhamdulillah, cucu-cucu mereka dan saya juga sebagai cucu dari para pemimpin Bolaang Mongondow hari ini bisa bertemu dengan salah satu cucu Sultan dari Ternate yang saat ini hadir dihadapan kita," sebutnya

Lanjut bupati, tahun depan pada festival menyambut hari ulang tahun Bolaang Mongondow Timur ia bakal menghadirkan kebudayaan Ternate.

Insya Allah tahun depan, di hari ulang tahun Bolaang Mongondow Timur, pada kegiatan festival, bakal menghadirkan kebudayaan ternate, terangnya.

Saya juga berharap, kedatangan Sultan pada hari ini bukan kedatangan yang pertama dan terakhir. Harapannya Sultan berserta seluruh jajaran bisa sering datang dan merajut silaturahmi dengan kita masyarakat Bolaang Mongondow Timur, tutupnya.

Sultan Ternate Hidayatullah Sjah, dihadapan warga masyarakat Desa Matabulu mengatakan, bahwa kehadirannya di Bolaang Mongondow Timur bisa dikatakan pulang kampung, dan juga menghadirkan kerja sama kultur, adat, atau budaya antara Bolaang Mongondow Timur dengan kultur Ternate.

Sultan juga menambahkan, jangan sekali - kali meninggalkan adat. Sebab, meninggalkan adat sama seperti meninggalkan jati diri, “ ungkap Sultan.

Menurut Sultan, semua tahu bahwa sumber daya alam seperti emas, nikel pasir besi dan sebagainya itu memiliki limite waktu. Lima puluh tahun bahkan sampai tujuh puluh tahun pasti habis, tapi budaya tidak akan pernah habis.

“Inilah yang harus dikembangkan pemerintah. Oleh karena itu kami berharap Bolaang Mongondow Timur bisa bersinergi dengan Ternate, caranya saling kunjungan hibah kebudayaan. Dan Insya Allah pada festival Bolaang Mongondow Timur tahun depan kami akan hadir meramaikannya," tutup Sultan.

Baca juga: Bupati Boltim Sulawesi Utara Buka Bimtek Peningkatan Kapasitas Sangadi dan Perangkat Desa

Baca juga: Irjen Ferdy Sambo Ucap Belasungkawa untuk Brigadir J, Dianggap Tidak Tulus Meski Sebut Ciptaan Tuhan

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved