Sitaro Sulawesi Utara

Ketua KPU Sitaro Lolos Seleksi Wawancara dan Kesehatan Calon Anggota Bawaslu Sulawesi Utara

Tim Seleksi calon Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara telah menetapkan enam dari 12 nama calon Anggota Bawaslu Sulut.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Vian Hermanses/tribunmanado.co.id
Ketua KPU Sitaro Stevanus Kaaro 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tim Seleksi calon Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sulawesi Utara telah menetapkan enam dari 12 nama calon Anggota Bawaslu Sulut.

Keenam orang tersebut dinyatakan lolos seleksi wawancara dan kesehatan yang diselenggarakan oleh Tim Seleksi pada akhir Juli lalu.

Mereka adalah Ardiles Marlo Revelino Mewoh, Donny Rumagit, Pangkerego, Rijali Abdul Hakim Isa Soerotinojo, Stevanus Kaaro dan Zulkifly Densi.

Untuk diketahui, satu dari enam nama diatas yakni Stevanus Kaaro saat ini masih menjabat sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Nantinya keenam orang tersebut bakal mengikuti tahapan seleksi selanjutnya yakni uji kelayakan dan kepatutan yang akan dilaksanakan langsung oleh Bawaslu RI.

Ditemui di ruang kerjanya di kantor KPU Sitaro Kelurahan Ondong Kecamatan Siau Barat, Stevanus Kaaro menyatakan rasa syukurnya bisa lolos ke tahapan fit and proper test.

"Syukur puji Tuhan boleh sampai ke tahapan selanjutnya. Saya tetap memohon doa dan dukungan dari semua pihak agar bisa memperoleh hasil yang maksimal," kata Kaaro, Rabu (3/8/2022).

Sebelumnya dukungan terhadap Kaaro dalam proses seleksi calon Anggota Bawaslu Sulut ini mengalir dari berbagai kalangan masyarakat di Nusa Utara (Sitaro, Sangihe, Talaud).

Pasalnya, eks Koordinator Sekretariat Panwas Kabupaten Sitaro itu menjadi satu-satunya perwakilan wilayah Nusa Utara yang masuk dalam seleksi calon Anggota Bawaslu Sulut.

Munculnya nama Stevanus Kaaro mencerminkan kebhinekaan dalam proses seleksi calon pimpinan Bawaslu Sulut. Sebagai bagian dari Nusa Utara, kami mendukung penuh langka perjuangan dari pak Kaaro," ungkap Andika Janis, warga Kepulauan Sangihe.

Hal senada disampaikan Roberth Makahinda, warga Kampung Lehi Kecamatan Siau Barat Kabupaten Kepulauan Sitaro.

Menurut dia, sudah saatnya warga perbatasan masuk dalam kanca penyelenggara pemilu, termasuk Bawaslu di tingkat Provinsi.

"Tentu ini menjadi kebanggan tersendiri bagi kami warga Nusa Utara. Makanya kami tetap memberikan dukungan dan doa kepada pak Kaaro agar bisa terpilih menjadi pimpinan Bawaslu Sulut," ujar Makahinda.

Bicara kapabilitas, Makahinda mengaku tidak ragu dengan sosok yang mengawali karirnya sebagai Aparatur Sipil Negara dan berlanjut sebagai penyelenggara pemilu.

"Dengan berbagai pengalaman di pemerintah daerah, selanjutnya menjadi Koordinator Sekretariat Bawaslu Sitaro dan terakhir menjabat Ketua KPU Sitaro, saya rasa tidak ada yang perlu diragukan," ungkapnya. (HER)

Baca juga: Profil Kevin Sanjaya Sukamuljo, Pebulutangkis Sukses Calon Menantu Hary Tanoe, Pacar Valencia Tanoe

Baca juga: Sosok Polisi Manado Kompol Sugeng Santoso Kini Ditunjuk Jabat Kasat Reskrim, Ini Profilnya

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved