Teknologi

Kemenkominfo Resmi Blokir 7 Platform, Warganet Mengamuk Munculkan Tagar #BlokirKominfo

Kementerian Kominfo resmi memblokir tujuh platform terkenal tanpa alasan jelas. Warganet yang marah kemudian memunculkan tagar #BlokirKominfo.

Editor: Isvara Savitri
Istimewa, Popular Science
Ilustrasi Google (kiri), logo Kominfo (kanan). Kominfo resmi memblokir 7 platform penting di Indonesia, bikin warganet marah. 

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sabtu (30/7/2022, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) kembali mengeluarkan kebijakan kontroversial.

Pasalnya, Kemenkominfo resmi memblokir tujuh Penyelenggara Sistem Elektronik (PSE) Lingkup Privat terkenal di Indonesia.

Ketujuh platform tersebut adalah Yahoo, PayPal, platform distribusi game seperti Epic Games dan Steam, serta platform game seperti Dota, Counter Strike, dan Origin.

Keputusan tersebut tentu mendapat reaksi keras dari warganet Indonesia.

Misalnya saja pemblokiran PayPal yang dianggap menghalangi kerja para pekerja lepas atau freelance.

Pengamatan KompasTekno, protes paling banyak berasal dari warganet yang juga pemain dan pecinta game.

Twit protes dari warganet dan gamer ini pun turut dibubuhi tanda pagar atau hastag #BlokirKominfo serta meme.

Saking banyaknya warganet yang protes, tagar #BlokirKominfo pun masuk ke daftar Trending Topic Worldwide Twitter di posisi paling atas.

Hingga pukul 11.30 WIB, twit yang menggunakan hastag #BlokirKominfo sudah mencapai lebih dari 40 ribu twit dan masih terus bertambah.

Adapun twit yang membubuhkan hastag #BlokirKominfo kebanyakan berisi ungkapan kekecewaan, kesedihan, dan kekesalan warganet karena Kominfo memblokir Yahoo, PayPal, Epic Games, Steam, Dota, Counter Strike, dan Origin.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved