Sitaro Sulawesi Utara

Mayoritas Warga Makalehi Kabupaten Sitaro Minta Penguatan Jaringan Internet ke BNPP-RI

Tim Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP-RI) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Chintya Rantung
Vian Hermanses/tribunmanado.co.id
Tim dari BNPP terlibat audiens dengan warga Pulau Makalehi Kabupaten Sitaro 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Tim Badan Nasional Pengelola Perbatasan Republik Indonesia (BNPP-RI) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro).

Dalam kunjungan kerja tersebut, Tim yang dipimpin Deputi Pengelolaan Batas Wilayah Negara, Robert Simbolon itu banyak menerima permintaan dan usulan dari masyarakat Pulau Makalehi.

Salah satu yang paling banyak disuarakan masyarakat perbatasan tersebut yakni terkait penguatan jaringan telekomunikasi khususnya layanan internet.

Selain dari masyarakat umum, keluhan terkait jaringan internet itu datang dari kalangan guru dan tenaga kesehatan yang bertugas di Puskesmas Makalehi.

"Kami sering terkendala dalam pengisian data pokok pendidikan karena jaringan internet yang kurang memadai," kata salah seorang Kepala Sekolah SD setempat.

Di tempat lain, petugas Puskesmas Makalehi juga meminta pemerintah untuk kembali mengaktifkan paket Wifi guna mempermuda pelaksanaan tugas mereka termasuk dalam pelaporan capaian Vaksinasi Covid-19.

"Dulu pernah ada paket Wifi disini. Tapi sekarang sudah tidak ada lagi. Katanya kontraknya sudah habis. Ini masih ada peralatan yang dipasang," ungkap seorang petugas sembari memperlihatkan seperangkat alat telekomunikasi.

Terkait keluhan dan permintaan yang datang dari warga Makalehi, Deputi Bidang Pengelolaan Batas Wilayah Negara BNPP RI, Robert Simbolon memastikan hal itu akan dikoordinasikan dengan kementerian lembaga terkait.

"Kita mencatat tadi ada kebutuhan untuk penguatan jaringan internet. Karena jaringan internet ini mempengaruhi aktivitas masyarakat," kata Simbolon saat diwawancarai wartawan.

Di era digital saat ini, lanjutnya, internet telah menjadi salah satu kebutuhan mendasar yang harus dipenuhi untuk menunjang berbagai aktivitas masyarakat.

"Baik di bidang pendidikan, kesehatan maupun ekonomi. Makanya ini menjadi salah satu hal penting untuk kita upayakan bersama," kuncinya.

Dalam kunjungan ke Pulau Makalehi, Tim dari BNPP juga didamping sejumlah pejabat pemerintah daerah antara lain Kadis Pekerjaan Umum Bob Wuaten, Kadis Pendidikan Budiarto Mukau, Kadis Perhubungan Indra Purukan, Kadis Parawisata Hendrik Lalamentik serta Kabag Pemerintahan Theo Umbas. (HER)

Baca juga: Seorang Warga Minahasa Ditemukan Meninggal di Dapur Rumah, Polisi Manado Lakukan Penyelidikan

Baca juga: Info Prakiraan Cuaca BMKG Besok Kamis 28 Juli 2022, Ini Daftar Kota yang Berpotensi Dilanda Hujan

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved