Minahasa Sulawesi Utara

Disdukcapil Minahasa Jemput Bola, Layani Perekaman e-KTP Warga Penyandang Disabilitas dan Lansia

Disdukcapil Kabupaten Minahasa jemput bola laksanakan kegiatan pelayanan pembuatan e-KTP bagi masyarakat

Penulis: Mejer Lumantow | Editor: Chintya Rantung
Ist
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa jemput bola laksanakan kegiatan pelayanan pembuatan e-KTP bagi masyarakat Minahasa, Rabu (27/7/2022). 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa jemput bola laksanakan kegiatan pelayanan pembuatan e-KTP bagi masyarakat Minahasa, Rabu (27/7/2022).

Pembuatan e-KTP kali ini difokuskan kepada masyarakat Lanjut Usia (Lansia) dan penyandang Disabilitas.

Kepala Disdukcapil Minahasa Meidy Rengkuan, SH, MAP mengatakan hal ini merupakan inisiatif pihaknya untuk memberikan pelayanan Jemput Bola (Jebol) bagi masyarakat yang tidak bisa datang di kantor untuk melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

"Jadi sampai saat ini personil kita terjun lapangan ke Desa-Desa untuk melakukan perekaman e-KTP langsung kepada masyarakat Minahasa," ujar Rengkuan, Rabu (27/7/2022).

Hal ini, kata dia, e-KTP menjadi salah satu dokumen penting yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia.

Oleh karena itu, beberapa hari ini personel Disdukcapil lakukan perekaman e-KTP di sejumlah wilayah di Kabupaten Minahasa.

"Dilakukan pengurusan e-KTP disetiap kecamatan karena setiap Warga Negara Indonesia (WNI) berhak memiliki identitas yang sah, tak terkecuali bagi mereka yang Disabilitas, Pemula dan Lanjut Usia (Lansia)," jelas Rengkuan

Kata Rengkuan, sudah dua (2) minggu ini, pihaknya melakukan perekaman e-KTP khusus bagi Disabilitas, Pemula dan Lansia disetiap Kecamatan yang dilayani dengan mekanisme Jemput Bola (Jebol).

"Artinya, mereka tidak perlu mengurus ke dinas, melainkan petugas Disdukcapil yang datang langsung ke wilayahnya," kata Rengkuan.

Lanjut dijelaskan Rengkuan, jika melakukan perekaman e-KTP pada hari kerja di kantor, pasti antriannya sangat panjang karena telah bertumpuknya semua warga yang ingin membuat dokumen kependudukan.

"Untuk itu, kami berinisiatif pengurusan dokumen kependudukan e-KTP ini dilakukan di setiap kantor Kecamatan," katanya.

Selain itu, tim Disdukcapil akan pergi ke rumah-rumah para Lansia dan Disabilitas demi meringankan dan memudahkan mereka mendapatkan kartu identitas.

"Antusias dan respon yang hangat diperlihatkan oleh penyandang Disabilitas dan Lansia disejumlah kecamatan saat perekaman dilaksanakan," pungkas Kadis Disdukcapil Minahasa. (Mjr)

Baca juga: Auto Motor Drag Race di Jalan GPI Manado Resmi Digelar Hari Ini, Begini Kata Wawali Richard Sualang

Baca juga: Sosok Eksekutor Penembakan Istri Anggota TNI di Semarang, Tak Tega Lantaran Kenal Dekat Korban

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved