Bitung Sulawesi Utara

Selang Tahun 2022, di Kota Bitung Sulawesi Utara Ada 25 Gigitan Anjing,15 Positif Rabies

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung, melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melansir jumlah vaksin dan kasus rabies

Ist
Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bitung melakukan vaksinasi rabies ke hewan anjing 

TRIBUNMANADO.CO.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung, melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melansir jumlah vaksin dan kasus rabies di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara (Sulut).

Menurut Steven Prok Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertania Kota Bitung, untuk data jumlah yang sudah di vaksin tahun 2022 sampai dengan pertengahan bulan Juli 2022 sebanyak 1.489 ekor anjing dan kucing.

“Sementara itu data kasus rabies di Kota Bitung, tahun 2022 untuk hasil pemeriksaan positif 15 dan negatif 10 dan jumlah gigitan 25 orang,” kata Steven Prok, Rabu (20/7/2022).

Steven Prok menjelaskan, untuk persebaran kasus rabies di kota Bitung bulan Januari tahun 2022, tersebar di Kelurahan Bitung Barat II Kecamatan Maesaa dan Kelurahan Wangurer Utara Kecamatan Madidir, masing-masing satu kasus dengan hasil pemeriksaan positif.

Lanjut bukan Februari tahun 2022, di Kelurahan Kasawari Kecamatan Aertembaga dan di Kecamatan Matuari masing-masing ada satu hasil pemeriksaan positif dan satu negatif.

Di Kelurahan Madidir Unet Kecamatan Madidir dan Kelurahan Batuputih Bawah Kecamatan Ranowulu, masing-masing satu hasil pemeriksaan positif.

Bulan Maret 2022, di Kelurahan Makawidey Kecamatan Aertembaga dan Kelurahan Girian Permai Kecamatan Girian, masing-masing satu hasil pemeriksaan positif dan negatif.

April 2022, Kelurahan Manembo-Nembo Atas Kecamatan Matuari satu hasil pemeriksaan positif, kelurahan Binuang Kecamatan Lembeh Utara satu hasil pemeriksaan positif.

Kemudian, Kelurahan Papusungan Kecamatan Lembeh Selatan ada satu hasil pemeriksaan negatif, kelurahan Manembo-Nembo Tengah Kecamatan Matuari satu hasil pemeriksaan positif, kelurahan Sagerat Kecamatan Matuari satu hasil pemeriksaan positif dan dua hasil pemeriksaan negatif, kelurahan Duasudara Kecamatan Ranowulu satu hasil pemeriksaan positif.

Bulan Mei 2022, kelurahan Kasawari dan Makawidey Kecamatan Aertembaga masing-masing ada satu hasil pemeriksaan positif dan negatif, kelurahan Kadoodan kecamatan Madidir hasil pemeriksaan satu negatif.

“Data Kasus yang terjadi di Kota Bitung Tahun 2022, tidak ada Korban Meninggal karena langsung di tangani oleh DKPP untuk hewannya dan Korban oleh Dinkes,” jelas Steven Prok Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Bitung.

Dia menjelaskan, untuk dapat fasilitas penyuntikan anti Rabies bagi hewan, dapat menginformasikan melalui Kelurahan atau Kecamatan masing masing.

Dan langsung ke Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung di jalan Wolter Monginsidi Wangurer Barat Kecamatan Madidir Kota Bitung, atau menghubungi nomor 0821 8894 5456 atas nama Porti Sigandong Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Terpisah Porti Sigandong Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Bitung menyampaikan terkait data jumlah yang sudah di Vaksin Tahun 2022 sampai dengan pertengahan Juli ini sebanyak 1489 Ekor.

“Jumlah Anjing dan kucing di Kota Bitung sampai dengan awal 2022 adalah 32.300 Ekor,” kata Porti Sigandong.

Porti jelaskan, capain vaksin tahun 2022 berdasarkan sisa vaksin tahun 2021, 1.230 dosis terpakai di Kelurahan Pinangunian Kecamatan Aertembaga ke jenis ternak 128 ekor anjing dan empat ekor kucing.

Capain vaksin tahun 2022 dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD), kota Bitung 1.450 dosis vaksin. Terpakai di Kelurahan Manembo-Nembo Kecamatan Matuari ke jenis ternak anjing 352 dan kucing 58 ekor.

Bantuan provinsi Sulawesi Utara (Sulut), jumlah dosis 500 terpakai di Kelurahan Makawidey Kecamatan Aertembaga pada jenis ternak anjing 197 ekor dan 13 ekor kucing, kelurahan Kadoodan Kecamatan Maesa jenis ternak 252 ekor anjing dan 18 ekor kucing.

Lalu di kelurahan Girian Weru II Kecamatan Girian, jenis ternak anjing 178 ekor dan 23 ekor kucing dan kelurahan Madidir Ure Kecamatan Madidir 250 ekor anjing dan 16 ekor kucing.(crz)

Baca juga: Tim Off Road Polres Bitung, Bawa Pulang 4 Piala Dalam Kejuaraan Bhayangkara Off Road 76 di Tomohon

Baca juga: Wartawan Halmahera Utara Bertemu PWI dan Pemkot Bitung, Sharing Cara Bermitra dengan Pemerintah

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved