Sitaro Sulawesi Utara

Kemenhub RI Terbitkan Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Penerbangan Rute Manado-Siau Sulawesi Utara

Kementerian Perhubungan Republik Indonesia Terbitkan Tarif Batas Atas dan Batas Bawah Penerbangan Rute Manado-Siau Sulawesi Utara.

Penulis: Octavian Hermanses | Editor: Rizali Posumah
tribunmanado.co.id/Octavian Hermanses
Bandara Bung Karno di Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara. 

Manado, TRIBUNMANADO.CO.ID - Kementerian Perhubungan Republik Indonesia menerbitkan tarif pelayanan kelas ekonomi untuk rute penerbangan Manado (Mdo) - Siau (BRG) Sulawesi Utara.

Dalam surat bernomor AU-005/2/9/DAU-2022 tertanggal 5 Juli 2022 itu tercantum besaran Tarif Batas Atas (TBA) dan Tarif Batas Bawah (TBB) rute penerbangan Manado-Siau.

Adapun besaran tarif penumpang pelayanan kelas ekonomi pada rute penerbangan tersebut, yakni TBA Rp 405.450 dan TBB Rp 141.908.

Dari catatan yang termuat dalam surat tersebut, tarif yang ditetapkan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kemenhub tersebut belum termasuk PPN, IWPU dan PSC.

"Ya benar, sudah ada penetapan tarif batas atas dan tarif batas bawah dari Direktorat Perhubungan Udara untuk rute penerbangan Manado-Siau," kata Kepala Dinas Perhubungan Sitaro, Indra Purukan, Jumat (15/7/2022).

Meski demikian, Purukan belum mengetahui persis tindaklanjut dari penetapan TBA dan TBB ini. Dia menyebut, pemerintah daerah masih menunggu informasi lebih lanjut.

"Apakah langsung ditindaklanjuti oleh pihak Wings Air dengan membuka penerbangan komersil ataukah akan ada lagi tim yang turun ke Sitaro, kita belum tahu persis," ujar Purukan.

Kepada tribunmanado.co.id, mantan Kepala Dinas Pekerjaan Umum Sitaro itu bilang akan segera menyampaikan informasi terbaru seputar persiapan pengoperasian maskapai Wings Air di Bandara Bung Karno Kabupaten Sitaro.

"Rencananya minggu depan, kami bersama ibu bupati akan ke Jakarta. Nanti sekalian akan kita cek ke Wings Air, seperti apa tindaklanjut dari penetapan TBA dan TBB ini," ungkapnya.

Adapun penetapan TBA dan TBB oleh Kemenhub RI ini sebagai tindaklanjut atas surat yang dilayangkan pihak Wings Air sehubungan dengan rencana penambahan rute penerbangan dari dan ke Bandara Sam Ratulangi Manado - Bandara Bung Karno Kabupaten Sitaro.

Dalam surat bernomor 009/DOIW/EXT/VI/2022 tertanggal 17 Juni 2022 itu, PT Wings Air Abadi menyampaikan permohonan izin rute baru sekaligus penetapan TBA dan TBB.

Terkait pembukaan rute penerbangan di Bandara Bung Karno, pemerintah daerah dibawa komando Bupati Evangelian Sasingen juga gencar melobi maskapai penerbangan di Indonesia.

Bahkan di pertengahan Juni lalu, Bupati Evangelian Sasingen bersama rombongan menyambangi Lion Tower di Jakarta guna membahas pengoperasian maskapai Wings Air.

"Jadi dalam persiapan untuk pengresmian bandara, kami telah kunjungi Wings Air dan sudah ada pembicaraan-pembicaraan mengenai penerbangan yang akan dibuka untuk Kabupaten Sitaro," ungkap Sasingen. (HER)

Hasil Singapore Open 2022: Leo/Daniel Lolos ke Semifinal Menyusul Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan

Isu Perselingkuhan Brigadir J dengan Istri Irjen Ferdy Sambo, Polisi: Kami Buktikan Akan Kami Proses

Sumber: Tribun Manado
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved